logo


Teknik Pembenihan Lele Burma

Pembenihan lele inipun tidak memerlukan persyaratan lokasi baik tanah maupun air yang spesifik.

31 Oktober 2014 10:44 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menurut Abdul Chafid, pembudidaya lele Burma asal Pasuruan, Jawa Timur pembenihan Lele Burma sebaiknya berlokasi di daerah dengan ketinggian 1– 800 meter dpl. Pembenihan lele inipun tidak memerlukan persyaratan lokasi baik tanah maupun air yang spesifik.

Kolam. Kolam pemeliharaan induk, pemijahan, dan pendederan (pemeliharaan)  benih lele Burma umumnya terbuat dari beton/semen. Namun Chafid tak menampik bahwa budidaya Lele Burma ini bisa dilakukan di kolam tanah maupun kolam terpal. Sebelum melakukan pemijahan kolam harus disterilkan terlebih dahulu dikeringkan ± 2 hari untuk membunuh bakteri. Setelah itu masukkan ijuk/kakaban/waring yang telah disediakan ke dalam kolam. Ijuk, kakaban atau waring  sebagai media untuk merangsang ikan supaya bertelur (media tempat bertelur).

Untuk ukuran kolamnya sendiri berukuran 2m x 3m, sedangkan kolam pendederan berukuran 2m x 5m, dan padat tebar benih lele sekitar 300 ekor/meter persegi.


KKP Catat Potensi Ekspor Perikanan USD 42,62 Juta di JISTE

Indukan. Kriteria indukan Lele Burma harus berumur 1 tahun agar produksinya normal. Menurut Chafid sebenarnya umur Lele Burma 8 bulan sudah bisa dipijahkan, tapi nantinya anakan kurang berkembang maksimal. Selain itu indukan tidak cacat, kelamin besar memanjang melebihi sirip anal dan berwarna keunguan. Indukan juga harus agresif, bila sirip punggung berdiri jika disentuh menandakan ikan sedang mengalami birahi yang tinggi. Sementara indukan betina yang siap memijah memiliki ciri-ciri perut besar, perut agak maju dan kepala mendongak, sungut merah dan kelaminnya merah.

 “Pemijahan kita lakukan secara alami, bukan buatan. Karena kalau kita lakukan pemijahan secara buatan dengan menggunakan obat nantinya benih atau anakan bisa lemas. Istilahnya telur yang masih muda kita paksa untuk tua, jadi benihnya juga tidak bisa maksimal, dan siklus indukan betina pun jadi kacau nantinya. Soalnya telur-telur mudanya terpaksa keluar semua, karena efek obat tadi,” terang Chafid.

Perbandingan indukan jantan : betina adalah 1 : 3 ekor. Pemijahan dilakukan secara alami di kolam pemijahan dengan menambahkan ijuk untuk tempat telur indukan betina Lele Burma. Masa produksi indukan Burma cukup lama sekitar 3 s/d 4 tahun, dan indukan  Lele Burma bisa produksi normal dengan pemberian nutrisi yang cukup.

Pakan. Pakan yang bagus untuk indukan Burma memiliki kadar protein tinggi di atas 40%. Chafid memberi indukan Burma berupa pakan ikan kecil segar aneka jenis dengan kandungan protein sekitar 40%. Setelah telur menetas bisa diberikan pakan berupa cacing sutra sampai umur 12 hari, selanjutnya diberi pakan pabrikan dengan kadar protein 40%. Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari sekali, sedangkan untuk induk dan Lele konsumsi dilakukan sehari sekali ketika pagi, siang, ataupun sore hari.

Penyakit. Jenis penyakit yang biasa menyerang Lele Burma disebabkan oleh jamur dan bakteri aeromonas sp. Penanggulangannya dengan manajemen lingkungan budidaya yang baik, pemberian pakan yang teratur, menaburkan garam ke area kolam, memisahkan Lele yang terkena infeksi dan mempuasakan sampai Lele tersebut kondisinya membaik. “Kalau semakin parah biasanya Lele yang terinfeksi kita musnahkan,” ujar Chafid.

Panen. Lamanya proses pembenihan Lele Burma hingga siap jual sekitar 45 hari-2 bulan dengan kepadatan 300 ekor/meter. Benih yang dijual dipilih dengan kriteria sehat, gesit, lincah, seragam, tidak cacat dan warna tubuhnya mengkilap. Panen dilakukan pada pagi atau sore hari saat suhu terendah sehingga lele tidak stress, dengan menyiapkan tempat penampungan seperti bak plastik. Setelah semua peralatan siap, kolam dikeringkan secara perlahan-lahan. Benih kemudian diserok menggunakan serokan lalu ditampung dan disortir sesuai ukuran. Dan benih pun siap dipasarkan.

Packing. Pada pengemasan bisa menggunakan drum plastik, plastik transparan, dan box styrofoam. Kapasitas drum plastik biasanya mampu menampung 10 ribu ekor benih. Sebelum dikirim, biasanya Chafid mempuasakan benih Lele Burma 2 hari sebelum dikirim. Tak lupa box styrofoam  di sisi kanan-kirinya diberi es batu untuk menjaga suhu air di kisaran 20 °C

 

KKP Bangun Pasar Ikan Modern Ketiga di Palembang

Halaman: 
Penulis : Riana,