logo


Kata Pengamat, Ini Kriteria Figur yang Bisa Kalahkan Ahok

Kriteria figur yang mampu mengalahkan Ahok yakni memiliki karakter lebih tegas, bersih, cerdas, dan merakyat.

29 April 2016 08:38 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Elektabilitas calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama disebut-sebut masih di atas angin. Sejumlah nama pesaingnya seperti Yusril Ihza Mahendra, Sandiaga Uno dan Abraham Lunggana dinilai belum bisa menandingi pria yang kerap disapa Ahok itu.

Menurut Pengamat Politik dari Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo kriteria figur calon gubernur yang mampu mengalahkan Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang yakni yang memiliki karakter lebih tegas, bersih, cerdas, dan merakyat.

"Tentunya juga lebih santun dari Ahok. Jika kriteria tersebut terpenuhi, Ahok akan mendapat lawan yang kuat. Apalagi ditambah dengan faktor kesantunan, maka bisa menjadi anti tesa untuk melawan Ahok yang dinilai kurang santun," kata Karyono saat dihubungi JITUNEWS di Jakarta, Jumat (29/4).


Andre Minta Ahok Dicopot, PDIP Bela: Pilih Gaduh Tapi Ada Perubahan Lebih Baik atau Tenang Tapi...

Karyono mengakui bahwa mayoritas partai politik sedang galau mencari figur yang bisa mengalahkan bekas Politisi Partai Gerindra itu. Sebab tingkat elektabilitas dan popularitas Ahok masih cukup tinggi sehingga dinilai sulit dikalahkan sejumlah tokoh yang maju dalam pesta demokrasi tingkat lokal itu.

Oleh karena itu dia meyakini, partai yang meraih kursi terbesar di DPRD DKI yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggalang kekuatan dengan partai lain untuk menghadapi Ahok. Meski partai besutan Megawati Soekarnoputri itu bisa secara mandiri mengusung calon kepala daerah.

"Mungkin saat ini belum ketemu figurnya. Koalisi PDIP dan Gerindra didukung partai lainnya bisa saja terjadi," katanya.

Disebut Bikin Gaduh, PKS Nilai Ahok Tak Cocok Jadi Komut Pertamina

Halaman: 
Penulis : Yunisa Herawati, Syukron Fadillah