logo


Yuk, Kenali Penyakit Neuropati dan Lakukan Pencegahan Sejak Dini!

Neuropati sendiri merupakan penyakit dimana tubuh mengalami kerusakan pada saraf tepi. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama tanpa adanya tindakan, dikhawatirkan bisa mengarah pada kelumpuhan.

27 April 2016 19:36 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anda pernah mengalami kondisi dimana tangan terasa kram, kebas hingga kesemutan terus menerus? Waspada, bisa jadi penyakit neuropati sedang menyerang tubuh Anda.

Neuropati sendiri merupakan penyakit dimana tubuh mengalami kerusakan pada saraf tepi. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama tanpa adanya tindakan, dikhawatirkan bisa mengarah pada kelumpuhan.

Menurut dr. Manfaluthy Hakim, Sp. S(K), ketua kelompok studi neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI pusat, faktor bisa menyebabkan penyakit ini antara lain sering mengetik di gadget atau komputer, mengendarai motor atau mobil dalam waktu yang lama, penderita diabetes, gaya hidup yang kurang sehat hingga pemakai sepatu hak tinggi.


Gula Kayu Jadi Solusi Atas Asupan Gula Berlebih pada Masyarakat

Dirinya pun mengungkapkan bahwa penyakit ini juga bisa berdampak pada penurunan kualitas hidup si pengidap. 

"Penurunan kekuatan motorik, penurunan sensasi rasa sehingga mudah terluka, impotensi bagi pria, depresi, berat badan bisa turun, luka hingga CTS atau Carpal Tunnel Syndrome," ujar dokter yang bertugas di RSCM itu saat ditemui JITUNEWS.COM dalam acara Kampanye Lawan Neuropati, Rabu(27/4) di Hotel Borobudur, Jakarta.

Lebih lanjut dr. Manfaluthy mengatakan, sebelum penyakit ini menyerang, ada baiknya masyarakat mulai melakukan pencegahan sejak dini. 

"Pencegahannya cukup mudah, hanya melakukan istirahat yang cukup, konsumsi gizi seimbang dan vitamin B1,B6 dan B12 secara teratur serta olah raga," saran dr. Manfaluthy.

Penjelasan Dokter Tentang Kehebatan Gula Kayu Terhadap Kesehatan Manusia

Halaman: 
Penulis : Hartati, Riana