logo


Tips Mengatasi Hama Kutu Putih Pada Kamboja Jepang

Terjangkitnya kamboja jepang oleh hama kutu putih, ditandai adanya selaput-selaput berwarna putih

31 Oktober 2014 10:00 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM - Adenium atau yang lebih dikenal dengan sebutan kamboja jepang acapkali diburu para kolektor. Pasalnya, kamboja jepang memiliki bunga berwarna merah jambu yang tampil cantik dengan corak putih. Bahkan, jika diletakkan di sebuah ruang, entah itu di halaman ataupun teras rumah, kamboja jepang akan tampak begitu memesona sebagai penghias ruang.

Meski memiliki penampilan yang cantik, kamboja jepang tak akan luput dari sebuah penyakit yang akan merusak kecantikannya. Salah satu penyakit yang kerap menyerang kamboja jepang adalah kutu putih. Terjangkitnya tanaman kamboja jepang oleh hama kutu putih ditandai dengan adanya selaput-selaput berwarna putih. Selaput tersebut berfungsi sebagai rumah kutu pada daun bagian bawah. Tingkat bahayanya jenis hama kutu putih ini cukup tinggi. Namun jika penanganannya dapat dilakukan dengan cepat, maka kemungkinan tanaman untuk kembali sehat lebih besar. Berikut ini merupakan cara mengatasi hama kutu putih pada kamboja jepang:
 
1.    Gunakan Insektisida Cair

Karena penyakit yang menyerang berupa hewan, maka bahan pembasmi yang tepat digunakan yaitu insektisida cair. Insektisida cair yang disemprotkan ke kutu putih secara langsung akan membuat kutu putih tersebut langsung mati. Cara ini baik digunakan untuk jumlah kutu putih yang masih sedikit dan tetap mempertahankan kondisi daun dan batang tanaman, tanpa harus dipotong.


2.    Potong Daun dan Batang

Pembasmian hama kutu putih dengan memotong daun, biasanya dilakukan jika kondisi kutu putih terlalu banyak. Hal tersebut dilakukan karena kondisi batang dan daun telah rusak dan jika dipertahankan maka pucuk daun muda akan tumbuh cacat. Bahkan, akan mudah terserang penyerang kutu putih. Cara ini banyak dipakai oleh para kolektor karena lebih efektif. Untuk lebih memastikan kutu putih telah punah, maka sebaiknya gunakan insektisida untuk menyemprot batang dan daun yang tersisa di tanaman Kamboja Jepang.


Tips Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Kaktus Agar Tidak Mudah Busuk


3.    Ganti Media Tanam

Karena kutu putih biasanya berlindung dan berkembang biak di media tanam, karenanya penggantian media tanam menjadi salah satu solusinya. Terutama media tanam yang tidak higienis. Penggantian media tanam selain membuat kutu putih kehilangan rumah untuk berkembang biak, kondisi akar akan lebih leluasa untuk menyerap sari makanan yang akan di-supply ke daun untuk proses fotosintesis.


4.    Pindahkan Kamboja Jepang ke Lingkungan yang Sehat

Tanaman mudah terserang penyakit karena kondisi Kamboja Jepang kurang prima. Demi menjaga kondisi kesehatan Kamboja Jepang tetap baik, pastikan lingkungan di sekitar tanaman dalam kondisi sehat dan cukup menyediakan oksigen serta cahaya matahari. Namun jika kondisi tanaman telah diserang penyakit kutu putih maka gunakanlah cara seperti ketiga cara diatas baru kemudian pastikan lingkungannya baik.

 

Tips Jitu Agar Tanaman Plumeria Kamboja-Hawai Rajin Berbunga

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah