logo


Yuk, Intip Indahnya Gurame Hias!

Gurame Albino Padang tergolong ikan yang memiliki masa produktif lama yakni sekitar 20 tahun

31 Oktober 2014 09:34 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gurame hias belum sepopuler gurame konsumsi. Bahkan sebagian besar masyarakat kita bisa jadi belum banyak yang tahu keberadaan gurame hias. Tak jauh berbeda dengan gurame konsumsi, Gurame Albino Padang tergolong ikan yang memiliki masa produktif lama yakni sekitar 20 tahun.

Sebagai ikan hias, Gurame Padang Albino memiliki penampilan yang indah terutama dari warna tubuhnya. Dari namanya, ikan ini jelas memiliki warna putih atau albino yang memikat. Namun ada beberapa jenis Gurame Padang yang memiliki warna selain albino, yakni merah, biru, dan hijau. Ikan yang termasuk family Belontiidae ini cenderung bertubuh oval dan memiliki organ labirin (pernapasan tambahan) yang membuatnya dapat mengambil oksigen langsung dari udara di atas permukaan air sehingga memudahkannya untuk beradaptasi pada berbagai kondisi air dan lingkungan serta memiliki daya tahan yang baik.

Gurame hias cocok dipelihara bersama dengan jenis ikan hias lain dalam akuarium karena ikan ini memiliki sifat pendamai. Untuk penempatan di akuarium, biasanya ukuran ikan gurame hias sekitar 2-3 jari. Meski kecil, keindahan gurame hias terlihat memukau apabila dipelihara secara koloni.


Orinoco Peacock Bas si Agresif Nan Menawan Dari Amazon

Gurame hias jantan cenderung menjaga wilayahnya dari gurame lainnya (bersifat teritorial), oleh karena itu sebaiknya tidak memelihara lebih dari satu ekor gurame hias jantan dalam satu akuarium, kecuali akuarium tersebut berukuran besar atau tersedia tempat untuk masing-masing gurame jantan dalam menetapkan wilayahnya. Yang perlu diperhatikan kala memelihara ikan ini dalam komunitas sebaiknya satukan dengan ikan hias jenis lain yang tidak agresif dan seukuran, seperti dari keluarga cichlid (dwarf), characins, atau ikan jenis labirin lainnya.

 

 

Yuk, Membudidayakan Ikan Black Darter Tetra

Halaman: 
Penulis : Riana,