logo


Si Cantik yang Kian Langka

Inilah tanaman hias paling langka di dunia

31 Oktober 2014 09:06 WIB

Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu bunga asli Indonesia yang paling langka di dunia (ISTIMEWA)
Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu bunga asli Indonesia yang paling langka di dunia (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Hamparan padang bunga dengan panorama warna-warni, tentu mengundang decak kagum berbagai kalangan, terutama untuk pecintanya. Bahkan, dunia pun serasa indah, manakala mata memandang kepakan sayap kupu-kupu yang berterbangan diantara kumpulan bunga, sembari menghisap nektar. Namun sayang, beberapa jenis bunga cantik ini tengah terancam populasinya. Berikut adalah daftar beberapa jenis bunga yang mulai langka keberadaannya :     

1. Jade Vine (Strongylodon Macrobotrys)

Bunga jade vine adalah bunga langka asal Filipina yang memiliki habitat di hutan hujan tropis. Pohon bunga ini termasuk anggota dan keluarga kacang-kacangan yang terkait erat dengan kacang merah. Bunga jade vine berbentuk seperti cakar yang tumbuh dan menggantung di cabang pohonnya. Panjang bunganya dapat mencapai 3 meter. Sedangkan warna bunganya bervariasi mulai dari hijau kebiruan sampai hijau mint. Spesies ini telah terbukti sangat sulit untuk berkembang biak. Dan bahkan dianggap sebagai spesies yang terancam punah akibat perusakan habitat serta penurunan penyerbuk alami.


Tips Merawat Katsuba, 'Si Merah Pembawa Hoki'

2. Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldii)

Bunga bangkai ditemukan di hutan hujan tropis Indonesia. Selain sebagai bunga yang paling langka di dunia, bunga asli Indonesia ini merupakan bunga terbesar di dunia. Kelangsungan hidup rafflesia ini sepenuhnya bergantung pada pokok tanaman merambat khusus yang disebut pohon tetrastigma. Ketergantungan ini dikarenakan, rafflesia arnoldii adalah bunga parasit yang tidak memiliki batang, tangkai, daun, dan akar, sehingga bunga ini membutuhkan pohon tersebut untuk mendapatkan makanan. Setelah mekar, bunga ini hanya akan bertahan sekitar satu minggu. Oleh karena itu bunga ini merupakan bunga yang paling langka di dunia.

3. Gibraltar Campion (Silene Tomentosa)

Bunga ini sangat langka dan hanya ditemukan pada tebing tinggi di Gibraltar-Britania. Meski sempat dinyatakan punah pada tahun 1992. Namun seorang pendaki menemukan spesimen tunggal gibraltar campion. Benihnya kemudian diserahkan ke bank benih Milenium. Dan sekarang, spesimen ini tumbuh di The Almeda Gibraltar Botanic Gardens serta Royal Botanic Gardens di London-Inggris.

4. Paruh Kakatua (Lotus Berthelotii)

Bunga indah ini telah digolongkan dalam kategori langka sejak tahun 1884. Bunga yang merupakan tanaman endemic Kepulauan Canary ini, diyakini telah punah di alam liar. Sebabnya,  burung Sunbird yang membantu penyerbukan bunga ini diketahui sudah lama punah di Kepulauan Canary. Percobaan telah dilakukan untuk menemukan penyerbuk baru untuk bunga ini, dengan harapan bahwa mereka dapat berhasil diperkenalkan kembali ke Kepulauan Canary. Namun pada 2008, tidak ada buah yang berhasil diproduksi sama sekali.

5. Anggrek Hantu (Epipogium Aphyllum)

Anggrek hantu merupakan tanaman bunga yang sangat langka karena pada dasarnya tumbuhan ini tidak memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Tanaman ini tidak memiliki daun, tidak bisa berfotosintesis dan tidak memproduksi makanannya sendiri. Untuk memperoleh makanan, tanaman ini bergantung pada jamur jenis tertentu. Selain itu, anggrek hantu ini juga tidak pernah menumbuhkan daun, namun dapat hidup di bawah tanah selama bertahun-tahun.

 

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah