logo


Dogfish, Hiu Albino yang Jadi Pajangan di Inggris

Kasus ini amatlah langka, karena albinisme hampir tidak pernah terdengar pada hiu

25 April 2016 16:07 WIB

Hiu Albino
Hiu Albino google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hiu dogfish yang memiliki warna Albino baru-baru ini dipertontonkan dan telah dipajang di Blue Reef Aquarium di Hastings, East Sussex, Inggris. Para pakar kelautan pun dibuat terperangah menyaksikan hiu yang dijuluki 'Casper' dari nama karakter kartun hantu terkenal itu.

Juru bicara Blue Reef Aquarium, Leanna Lawson, mengatakan, albinisme pada spesies laut secara umum sangat tidak biasa dan itu hampir tidak pernah terdengar pada hiu.

"Selain sebagai hiu langka, hiu putih atau albino cenderung tidak bisa bertahan lama di alam liar karena mereka bergantung pada kamuflase alami mereka untuk melindungi diri dari predator yang lebih besar," kata Lawson seperti dikutip laman Daily Mail, Senin (25/4).


NasDem Minta Pemerintah Perhatikan Petani Ternak Sapi Perah

Albinisme terjadi karena mutasi gen yang mempengaruhi produksi pigmentasi kulit. Hewan albino kekurangan melanin dengan ciri mata merah muda yang tidak berpigmen.

"Untuk hiu tertentu yang berhasil mencapai kedewasaan dan berada dalam kondisi yang baik seperti ditunjukkan Casper adalah sangat beruntung atau sangat cerdas," ujar Lawson.

Jajaki Bisnis Peternakan, Mayjen (Purn) Suharno Belajar Hingga ke Negeri Orang

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Agung Rahmadsyah
 
×
×