logo


Gawat !!! Tahun 2050 Air Tawar Hanya Ada 2 Miliar Meter Kubik

Diperkirakan lebih dari 152 juta jam perempuan dan anak-anak menghabiskan waktu hanya untuk mengumpulkan air

30 Oktober 2014 16:45 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seperti diketahui bahwa dua pertiga permukaan bumi tertutup air. Selama miliaran tahun jumlah air tidaklah berkurang.Tapi, kini kerusakan alam menyebabkan ketersediaan air tawar terus berkurang. Justru air menjadi semakin cepat mengalir ke laut, terkadang dalam bentuk banjir besar yang dapat merusak segalanya.

Seperti dirilis water.org, bahwa jutaan perempuan dan anak-anak di negara berkembang telah menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari, hanya untuk mengumpulkan air bersih dari sumber yang juga tercemar, kemudian membawa kembali ke desa mereka sebanyak 40 liter air saja.

Sebuah studi yang dilakukan World Bank bersama IRC International Water and Sanitation Centre, ditemukan bahwa proyek-proyek sanitasi yang dirancang dan dijalankan dengan partisipasi perempuan didalamnya, justru lebih berkelanjutan dan efektif dibanding tidak sama sekali.


China Investasi Rp 6,7 Triliun untuk Proyek Petrokimia Iran

Sementara itu, survey yang dilakukan badan kesehatan dunia (WHO) bersama UNICEF menunjukkan bahwa sekitar 76 persen perempuan dan anak-anak menanggung tanggung jawab untuk mencari air di sebagian besar rumah tangga. Sehingga diperkirakan lebih dari 152 juta jam perempuan dan anak-anak menghabiskan waktu hanya untuk mengumpulkan air. Hal ini justru bukan dihabiskan mencari penghasilan, merawat anggota keluarga, atau hadir di sekolah bagi anak-anak.

Salah seorang pendiri water.org, Gary White mengatakan bahwa produktifitas kehilangan waktu lebih besar untuk mengumpulkan air."Coba bandingkan dengan jumlah gabungan jam kerja dalam seminggu bagi karyawan Walmart, McDonald, IBM, United Parcel Service, dan Target,"ungkapnya.

Berikut beberapa fakta soal air yang dirilis WHO, FAO, World Bank dan Environmet Canada.

- Sekitar 800 juta penduduk dunia tidak punya akses ke air bersih.
- Setiap tahun ada sekitar 60 juta bayi lahir di keluarga yang tidak mempunyai akses air bersih.
- Setiap satu orang dewasa membutuhkan air sekitar 2 hingga 4 liter dalam sehari.
- Hampir dua pertiga air di rumah hanya digunakan di dalam kamar mandi.
- Tahun 2015 sekitar 2 persen kebutuhan air tawar dunia akan dipenuhi melalui proses destilasi atau penyulingan air laut.
- Tahun 2045 sekitar 4 miliar orang atau setengah dari populasi dunia akan kekurangan air bersih.
- Tahun 2050 hanya sekitar 2 miliar meter kubik air tawar tersedia per tahunnya, ini tidak cukup untuk irigasi dan kebutuhan manusia sehari-hari. Atau sekitar 993 juta penduduk perkotaan akan hidup dengan 100 liter air bersih alami per tahunnya.

10 Kebohongan Rusia Atas Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya