logo


Manfaat Herbal Daun Jawer Kotok

Tidak hanya cantik, daun Jawer Kotok juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

30 Oktober 2014 14:14 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jawer kotok atau yang bernama latin plectranthus scotellaroides adalah tanaman yang biasa tumbuh liar di ladang atau kebun. Karena memiliki warna ungu dan hijau yang cerah, daun ini pun kerap sekali dijadikan sebagai tanaman hias.

Tidak hanya cantik, daun bertabatang basah dan memiliki tinggi antara 0-1 meter ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini diamini oleh Moelyono Moektiwardoyo dalam desertasinya yang berjudul “Etnofarmakognosi Daun Jawer Kotok Plectranthus scutellaroides (L.) R.Br. sebagai Anti Radang Komunitas Tatar Sunda” di Unpad Bandung tahun 2010. Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun jewer kotok:

1. Ambeien. Ambeien merupakan penyakit yang paling sering dan paling dipercaya dapat disembuhkan dengan mengonsumsi daun jawer kotok. Untuk penyakit ini, dianjurkan dengan menambahkan kunyit dan daun ngokilo dalam ramuan obat yang akan diminum. Untuk penderita ambein derajat 3-4, minum sehari tiga kali. Sedangkan untuk ambein yang masih ringan, air rebusan tadi bisa diminum dalam 2-3 kali.


Heboh Janin Meninggal Gegara Rumput Fatimah, Dokter Kandungan Buka Suara

2. Sembelit. Sembelit adalah salah satu penyebab ambeien. Untuk itu, jawer kotok juga berfungsi mengobati sembelit yang apabila tidak diobati dapat menyebabkan ambeien.

3. Luka. Untuk mengobati luka, ambillah beberapa helai daun jawer kotok, remas remas dengan air, lalu tempelkan di bagian yang mengalami luka.

4. Sakit mata. Rebuslah beberapa helai daun jawer kotok lalu tiriskan. Setelah suhu agak menurun, tempelkan daun pada mata yang sakit.

 

Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Halaman: 
Penulis : Hasballah