logo


Ini Dia Profil Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Selain sebagai doktor pertanian, Amran Sulaiman juga seorang yang sukses sebagai pengusaha

30 Oktober 2014 14:39 WIB

Menteri Pertanian Amran Sulaiman.(Johdan/Jitunews)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman.(Johdan/Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kabinet Kerja telah dilantik di Istana Negara, salah satu menterinya yang belum banyak orang mengenal adalah Amran Sulaiman yang dilantik menjadi Menteri Pertanian periode 2014-2019.

Menurut Presiden Joko Widodo, Amran adalah seorang praktisi, pemikir dan wirausahawan muda yang giat dan penuh dengan kerja keras.

"Beliau ini praktisi, pemikir dan wirausahawan muda bidang pertanian. Petani muda yang berhasil bangun modal wirausaha bidang pertanian," ungkap Jokowi kepada wartawan.


Prabowo Berapi-Api Ingatkan Generasi Milenial, Netizen Nangis!

Amran adalah putra asli Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Dalam garis darah keluarga, Amran adalah keturunan dari La Pawawoi Arung Sumaling (anak ke 4 La Tenri Tappu Raja Bone ke 23) dari pihak ayahnya. Kemudian La Pawawoi Arung Sumaling mempunyai keturunan bernama Andi Baco Gangka Petta Teru yang memperistrikan Karaeng Beja (anak Karaeng Bantaeng/Karaeng Bore yang berdomosili di Bantaeng. Turunan dari pihak ibu (Andi Nurhadi Petta Bau), yaitu dari Datu Bengo/La Sado Petta Eppe yang berdomisili pada Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulsel.

Bagi pria kelahiran Bone, 27 April 1968, kedisiplinan adalah harga mati demi kesuksesan. Tak heran bila di usia yang relatif muda, dia sudah mampu membangun dan membesarkan 14 perusahan yang tergabung dalam sebuah holding Tiran Group, yang meliputi Unit Usaha: Tambang Emas, Tambang Nikel, Proyek Gula, Proyek Perkebunan Kelapa Sawit, SPBU, Distributor Unilever, Distributor Semen, Produsen Pestisida, dan usaha lainnya.

Sampai saat ini, omzet perusahaannya disebut-sebut menembus Rp 500 miliar per tahun dan telah mengelola aset sebesar kurang lebih Rp 1 triliun.

Amran tercatat pernah berkecimpung di PTPN Perkebunan. Dari sinilah kiprah Amran mulai merangkak naik. Selama 6 tahun, Amran mendapat promosi kenaikan pangkat/jabatan 4 kali. Sebagai ahli bidang pertanian, terutama komoditas kelapa sawit dan tebu, Amran memahami potensi besar perkebunan di Indonesia.

Amran termasuk salah satu barisan yang sejak awal mendukung pencalonan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden. Kedekatannya dengan Joko Widodo menginspirasi Amran untuk mendirikan organisasi relawan untuk pasangan Jokowi-JK di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Sebagai Koordinator Umum Sahabat Rakyat KTI, Amran disebut-sebut sebagai bagian dari ujung tombak gerakan pemenangan Joko Widodo di Kawasan Timur Indonesia.

Biodata
Nama : DR.IR. H. Andi Amran Sulaiman, MP
Tempat/TGL Lahir : Bone, 27 April 1986
E-mail : amran.tiran@gmail.com, amran_ptpn@yahoo.com
Nama Orang Tua :
Ayah : A. B. Sulaiman Dahlan Petta Linta
Ibu : Hj. Andi Nurhadi Petta Bau
Istri : IR. Hj. Martati
Anak : Andi Amar Maruf, Andi Athira, Andi Muh.Anugrah, Andi Humairah
Pendidikan :
SD Impres 10 Mappesangka, Bone
SMP Negeri Ponre, Bone
SMA Negeri Lappariaja, Bone
Fakultas Pertanian Unhas 1988-1993 (Penerima Hak Paten/Penemu)
Pasca Sarjana Pertanian Unhas 2002-2003 (Cum laude)
Program Doktor Ilmu Pertanian Unhas 2008-2012 (Cumlaude)

Orasi Ilmiah, Edi Santoso Bicara Soal Pangan Lokal di Era Milenium

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana