logo


Tips Jitu Menanam Bunga Matahari Dalam Pot

Warnanya yang mencolok tampak eye catching saat ditanam di halaman ataupun di taman rumah

30 Oktober 2014 14:05 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bunga matahari merupakan salah satu bunga yang cukup banyak penggemarnya. Warnanya yang mencolok seperti putih, kuning ataupun merah, tampak sangat eye catching saat ditanam di halaman ataupun di taman rumah. Oleh karenanya, bunga matahari bisa dijadikan pilihan, ketika Anda ingin mempercantik tampilan rumah.

Bunga matahari merupakan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari langsung agar tumbuh secara optimal. Oleh karena itu, bunga ini sangat cocok ditanam di tempat terbuka. Nah, bagi Anda yang ingin menanam tanaman ini ke dalam pot, berikut adalah tips-tipsnya :  

  1. Karena tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai daerah dengan ketinggian 1500 di atas permukaan laut. Sebagai media tanam, gunakan campuran pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.
  2. Gunakan benih Bunga Matahari yang sudah berusia minimal 10 hari dan sudah berkecambah. Pasalnya, pada usia tersebut benih sudah cukup kuat untuk ditanam dalam pot.
  3. Ada baiknya, pot yang digunakan sebagai tempat penanaman memiliki ukuran sedang. Penggunaan ukuran sedang akan member ruang lebih bagi tumbuh kembang Bunga Matahari nantinya.
  4. Karena tanaman ini membutuhkan intensitas sinar matahari yang optimal, tempatkan tanaman tersebut pada daerah terbuka, minimal 6 jam sehari.
  5. Proses pemeliharaannya pun tidak memerlukan perawatan yang ekstra. Cukup disiram sekali tiap 1-2 hari. Namun jangan terlalu sering menyiram. Sebabnya, Bunga Matahari tidak menyukai tanah yang becek. Jadi, pastikan pot tempat penanaman terdapat lubang pembuangan air yang berfungsi dengan baik.
  6. Proses pemberian pupuk bisa dilakukan setelah Bunga Matahari berumur 1 bulan. Pada umur tersebut berikan pupuk jenis ZA. Sedangkan pada usia sekitar 1½ bulan, berikan pupuk jenis TSP. Proses pemberian pupuk yang berbeda sesuai dengan umurnya ini, akan membuat pembungaannya menjadi lebih baik.

Tips Jitu Agar Tanaman Plumeria Kamboja-Hawai Rajin Berbunga

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah