logo


Bandara Ngurah Rai Akan Tambah Landasan Pacu dengan Reklamasi

Pihak Angkasa Pura I bakal melakukan perbincangan serius soal reklamasi itu

23 April 2016 10:17 WIB

Bandara Ngurah Rai Bali
Bandara Ngurah Rai Bali Ist

BALI, JITUNEWS.COM- Dikabarkan, PT Angkasa Pura I berencana menambah landasan pacu untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Penambahan landasan pacu itu rencananya dilakukan dengan cara reklamasi. Reklamasi itu akan dilakukan di titik laut bagian barat landasan yang mengarah ke selatan, atau tepatnya di kawasan Pantai Kedonganan.

"Rencananya ada penambahan runway (landasan pacu). Tapi masalahnya lahan yang terbatas. Jadi, satu-satunya jalan dengan cara Reklamasi," jelas General Manager PT Angkasa Pura I, Trikora Harjo, Sabtu (23/4), di Badung, Bali.

Mengingat Reklamasi menimbulkan polemik, Trikora mengungkapkan bahwa rencana reklamasi untuk runway itu bakal dibicarakan secara serius oleh semua pihak. Mulai dari pemerintah daerah hingga sosialisasi kepada masyarakat Bali.


Yakin Hentikan Reklamasi, Anies: Langkah Tepat Kurangi Penurunan Muka Tanah

"Kami harus bicarakan hal ini dengan serius. Minta izin ke pemerintah daerah Bali. Dan tak lupa kami juga akan melakukan sosialisasi ke masyarakat Bali. Tujuannya agar rencana ini bisa segera terealisasi. Karena kita tahu bahwa upaya Reklamasi sedang jadi perbincangan panas," papar Trikora.

Untuk diketahui, saat ini Bandara Ngurah Rai membutuhkan runway baru dengan panjang 3.000 meter dan lebar minimal 45 meter seperti landasan yang sudah ada sekarang. Landasan baru itu diharapkan dapat menambah mobilitas pesawat di bandara tersebut. Landasan itu akan dapat digunakan oleh pesawat Boeing 737 dan Airbus 380.

Kurangi Risiko Banjir Lahar Gunung Agung, Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Prasarana Pengendali Banjir Tukad Unda di Bali

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro