logo


Ayah Menderita Diabetes, Farah Quinn Sajikan Makanan Sehat

Meski harus membatasi makanan sang ayah, Farah tetap berusaha memanjakan ayahnya dengan caranya sendiri

22 April 2016 17:19 WIB

Farah Quinn (kiri) bersama Ayahnya (kanan) saat liburan bersama di Bali.
Farah Quinn (kiri) bersama Ayahnya (kanan) saat liburan bersama di Bali. Instagram/farahquinnofficial

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Diabetes merupakan satu penyakit yang menjadi penyebab kematian, penyakit ini menempati peringkat ketiga sebagai silent killer. Tak sedikit orang menyadari penyakit ini karena menyerang begitu cepat. Sekarang ini tidak ada lagi kata yang menyebutkan bahwa diabetes hanya diderita bagi mereka yang bertubuh gemuk, tetapi tubuh kurus pun bisa mengalaminya.

Terkait penyakit ini, ternyata ayah dari Celebrity Chef Indonesia, Farah Quinn, juga mengalaminya. Ayah Farah, Fauzan Rahim (68), divonis menderita diabetes ketika Farah berusia 15 tahun. Farah tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab sang ayah menderita diabetes.

"Ketika itu ayah terlihat mudah lelah. Padahal beliau orangnya aktif dan rajin berolahraga," kata Farah yang merupakan lulusan dari Indiana University of Pennsylvania.


Heboh Janin Meninggal Gegara Rumput Fatimah, Dokter Kandungan Buka Suara

Sejak dinyatakan terkena diabetes, gaya hidup ayah Farah pun mulai berubah. Dari sana Farah meyakini bahwa diabetes bisa dikontrol dan dikelola dengan baik.

"Jika pola hidup tidak diubah, diabetes bisa mengarah ke komplikasi," ucap Farah saat dijumpai Jitunews di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, kemarin

Farah dan keluarga pun memutuskan untuk mengubah pola makan seperti mengkonsumsi makanan tinggi serat, menghindari gula rafinasi (gula kristal putih atau gula mentah yang telah mengalami pemurnian) serta mengurangi karbohidrat.

Selain itu, Farah mengaku sangat beruntung karena ketika ia menempuh pendidikan kuliner di Le Cordon Bleu Institute of Culinary Arts in Pittsburgh, Farah banyak belajar tentang nutrisi. Sehingga ia mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya diberikan dan apa yang harus dikurangi.

Meski harus membatasi makanan sang ayah, Farah tetap berusaha memanjakan ayahnya dengan caranya sendiri. Farah rutin membuatkan kue-kue yang lezat tanpa menggunakan gula.

"Banyak yang masih belum tahu kalau kue bisa tetap enak tanpa gula tambahan. Padahal sebagai pengganti gula pada kue, kita bisa menggunakan pemanis alami dari buah. Misalnya dari apel yang diparut, atau menggunakan gula dengan low GI. Namun, saya usahakan memakai sumber pemanis yang sealami mungkin seperti kurma atau kismis,"kata Farah.

Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Halaman: 
Penulis : Suciati, Agung Rahmadsyah