logo


Trik Jitu Membuat Taman Gantung dengan Paralon, Yuk Coba!

Anda bisa menggunakan paralon bekas yang sudah tidak terpakai

21 April 2016 13:52 WIB

Tanaman gantung.
Tanaman gantung. instructables.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika Anda terbilang hobiis berkebun, namun terkendala lahan yang terbatas, Anda bisa lho mewujudkan keinginan memiliki kebun dengan bahan minimalis. Contohnya paralon.

Ya, dengan paralon, selain bisa mendapatkan taman yang murah namun terlihat hebat, Anda juga bisa menanaminya dengan berbagai tumbuh-tumbuhan, seperti tumbuhan obat maupun tanaman buah menjalar.

Seperti diinfokan instructbales, langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat taman paralon menggantung adalah dengan menyiapkan paralon. Anda bisa menggunakan paralon bekas yang sudah tidak terpakai.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Caranya, bersihkan paralon secara menyeluruh, hingga tak ada kotoran dan cat yang mengelupas dengan mengoleskan sabun. Langkah selanjutnya adalah membuat rongga di sepanjang paralon. Bagian bawahnya diberi lubang, hal ini penting dilakukan untuk menjaga drainase. Jangan lupa untuk memberi penutup pada kedua ujung paralon agar tanah dan pupuk tidak tumpah.

Lakukan hal ini sesuai dengan berapa banyak paralon yang akan Anda buat, lalu hubungkan dengan kayu sehingga menjadi satu kesatuan. Letakkan taman gantung yang Anda buat sendiri di tempat yang tepat.

Idealnya, taman gantung paralon harus berada di tempat yang terkena sinar matahari, dan terlindung dari angin kencang. Jika Anda pengagum keselarasan warna, Anda perlu mengecat bagian luar paralon hingga tampak sama dengan cat tembok rumah Anda.

Terakhir, Anda tinggal menambahkan tanah, pupuk, dan bibit. Pilihlah tanah yang sesuai dengan bibit tanaman, dan tidak perlu mengisi paralon dengan tanah sampai penuh. Siramlah dengan air dan rawatlah tanaman seperti merawat anak sendiri, lalu nikmati taman yang Anda buat sendiri.

Mudah kan? Selamat mencoba!

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana