logo


Hama Walangsangit Serang Padi Warga di Manggarai

Sekitar 40 hektar sawah di daerahnya bisa dipastikan gagal panen karena diserang hama walangsangit.

21 April 2016 12:04 WIB

Walang sangit.
Walang sangit. Istimewa

MANGGARAI, JITUNEWS.COM - Sejumlah petani sawah di Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluh hama walangsangit menyerang padi mereka.

Kondisi tersebut membuat padi yang sementara berbunga menghitam dan bisa dipastikan musim tanam kali sawah para petani di daerah ini mengalami gagal panen.

Seorang petani sawah di dusun Jati, Kelurahan Baru, Kecamatan Reo-Manggarai, Fransiskus Baptista Eram mengaku di sawah miliknya hama walangsangit menyerang padi yang hendak memanen. Akibatnya, biji padi bintik kehitaman dan ia pastikan musim tanam kali ini mengalami gagal panen.


Ajak Petani Melek Teknologi, Adjeng Suminar Bawa Petani Jawa Barat Belajar di SP3T

"Padi kami diserang hama walangsangit. Kami pasti gagal panen nanti pak. Ini lebih ketimbang sebelumnya," katanya kepada Jitunews saat ditemui di Reo, Rabu (20/4).

Senada dengan Fransiskus, Usman, Kepala desa (Kades) Salama, Kecamatan Reo sekitar 40 hektar sawah di daerahnya bisa dipastikan gagal panen karena diserang hama walangsangit. Selama ini para petani di desa Salama, kata dia, sudah menyampaikan pristiwa ini ke pihak desa.

"Saya sendiri sudah melihat sawah-sawah petani menghitam karena diserang hama walangsangit," kata Usman.

Usai mendapat laporan warganya, demikian ia menambahkan, pihak desa Salama sudah menyampaikan kondisi padi warga ke Dinas Pertanian Manggarai.

Ia mengatakan, selain karena walangsangit menyerang yang membuat para petani mengeluh gagal panen juga karena anomali. Pasalnya, selama beberapa bulan belakangan ini hujan tak kunjung turun sehingga menyebabkan padi tak sempat berbunga.

Harga Kelapa Jatuh, Petani Lakukan Ini!

Halaman: 
Penulis : Adrianus Aba (KR), Syukron Fadillah