logo


Sambut Hari Kartini, KPK Kampanyekan Perempuan Anti Korupsi

Laode berkeinginan KPK bisa aktif ikut menyebarkan pentingnya nilai-nilai perjuangan Kartini.

21 April 2016 09:51 WIB

Gedung KPK.
Gedung KPK. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia hari ini, 21 April memperingati perjuangan seoarang perempuan yang tak kunjung padam memperjuangkan hak-hak wanita. Wanita tersebut ialah Kartini.

Terkait peringatan Hari Kartini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menggelar sejumlah kegiatan. Sekaligus sebagai ajang merayakan hari jadi Gerakan Nasional Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK).

Rencananya kegiatan tersebut bakal digelar mulai hari ini Kamis (21/4) hingga Sabtu pekan depan dibeberapa wilayah di ibu kota.


Terbukti Langgar Kode Etik, Firli Bahuri: Saya Pastikan Tidak Akan Mengulanginya

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyebutkan bahwa lembaganya berkeinginan untuk bisa aktif ikut menyebarkan pentingnya nilai-nilai perjuangan Kartini dalam membangun integritas anti korupsi.

"Kami ingin mengambil momentum Hari Kartini untuk menyebarkan kebaikan tersebut, nilai-nilai kebaikan tersebut," ujarnya.

Laode juga menerangkan soal SPAK yang lahir pada peringatan hari Kartini dua tahun lalu. Saat ini SPAK telah menjadi sebuah aksi gerakan yang menasional dari Aceh hingga Papua. sedikitnya 1.500 agen para srikandi anti korupsi itu tersebuta di seluruh Indonesia.

"Semuanya dimotori perempuan, saya pikir Ibu Kartini akan sangat senang karena perempuan yang jadi motor, dari saya perempuan antikorupsi," ujarnya.

KPK memulai peringatan Hari Kartini dengan acara memberi pendidikan antikorupsi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di lima wilayah DKI Jakarta. Sorenya, digelar peluncuran SPAK sebagai salah satu bentuk Revolusi Mental di Monumen Nasional dan Lenggang Jakarta.

Kegiatan akan dihadiri Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Deputi VI Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Duta Besar Kemenko PMK Sujatmiko.

Sementara itu, pada Jumat-Sabut, 22-23 April 2016 akan digelar seminar antikorupsi bertema "Mulai Jujur dari Sekarang" di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Seminar ini akan menghadirkan sejumlah pembicara, dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani sebagai pembicara kunci.

Sementara pembicara lainnya yakni Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum, HAM, dan Kebijakan Publik, Busyro Muqoddas.

Apresiasi Dewas KPK yang Beri Sanksi ke Firli, NasDem: Tapi Jangan Terlalu Lebay

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah