logo


5 Kesalahan Mengolah Sayur yang Harus Dihindari

Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki asupan vitamin dan nutrisi bagi tubuh

19 April 2016 20:52 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki asupan vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Tak hanya itu, sayuran pun memiliki khasiat yang bisa membuat kulit menjadi cantik dan melancarkan pencernaan.

Namun sungguh sayang, jika Anda tidak tahu cara mengolah sayuran, karena bukan tidak mungkin kandungan nutrisi dan gizi pada sayuran pun akan berkurang bahkan hilang. Dilansir dari laman tips pedia, inilah kesalahan yang kerap dilakukan saat sedang mengolah sayur. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak!

1. Dimasak dalam waktu yang lama
Idealnya untuk memasak sayuran, janganlah terlalu lama. Semakin lama sayuran dimasak maka akan merubah warna dan tekstur. Apabila Anda merebus sayuran, jika terlalu lama kandungan nutrisinya pun akan larut bersama air rebusan.


Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Beef Teriyaki

2. Penggunaan jenis minyak yang keliru
Menumis sayuran menjadi alternatif yang bagus untuk mengolah sayur karena kandungan nutrisinya akan tetap terjaga. Namun dengan catatan, harus selektif dalam memilih jenis minyaknya. Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada jenis minyak tertentu hanya akan membuat tumisan sayuran Anda menjadi kurang sehat. Saat menumis pun, takaran yang ideal untuk minyak hanya satu sendok teh saja.

3. Memasak dengan suhu terlalu panas
Selain dimasak dalam waktu yang lama, proses memasak dengan suhu yang tinggi pun harusnya dihindari karena bisa membuat kandungan sayuran Anda berkurang sisi gizinya. Tak hanya itu, tampilan sayuran Anda pun kurang menggugah selera karena suhu yang tinggi bisa membuat sayuran Anda cepat layu. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan api yang sedang saja.

4. Memanggang sayuran
Biasanya saat sedang pesta barbekyu, aneka jenis sayuran digunakan sebagai pendamping daging. Namun hati-hati ya ladies, jangan sampai sayuran Anda gosong saat sedang dipanggang. Hal ini bisa memicu produksi karsinogenik, yakni suatu zat yang dapat memicu terjadinya kanker.

5. Mengupas sayuran saat dimasak
Banyak orang yang melakukan hal ini, sebelum dimasak kulit sayuran terlebih dahulu dikupas. Padahal, nutrisi pada kulit luar tidak kalah kandungannya dengan daging sayuran tersebut. Sebaiknya, agar kandungan nutrisi maupun gizi semakin banyak masuk ke tubuh. Saat memasak sayuran, usahakan jangan dikupas Anda bisa terlebih dahulu mencucinya hingga benar-benar bersih lalu tinggal dipotong-potong.

Pono Gandeng UMKM, Resto, dan Kafe di Bulan Ramadan

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah