logo


Kaktus Udang, Ternayata Cantik dan Tidak Berduri

Ternyata ada satu jenis kaktus yang sama sekali tidak berduri

29 Oktober 2014 09:41 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM - Sebagian besar orang mengenal kaktus sebagai tanaman berduri tajam yang mampu hidup dengan intesitas cahaya matahari yang tinggi. Namun tahukah Anda, ternyata ada satu jenis kaktus yang sama sekali tidak berduri, dan tidak bisa hidup dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi, bahkan memiliki bentuk bunga yang sungguh memesona? Dia adalah Kaktus Udang.

            Memiliki nama latin Schlumbergera Russelliana, tanaman kaktus ini akan membuat mata siapapun terpesona ketika melihatnya. Jika dilihat dengan sekasama, kaktus jenis ini memiliki batang yang lebih mirip tumbuhan lidah buaya, karena bentuknya yang pipih, berwarna hijau, dan tidak berduri.

            Tidak hanya itu, keistimewaan lain tanaman yang mampu tumbuh dengan tinggi sekitar 50 cm ini juga memiliki bunga pada ujung batangnya. Warna bunga yang dihasilkan pun berwarna-warni, seperti warna merah muda, merah tua, ungu, putih, dan peach. Hal inilah yang membuat Kaktus Udang sangat cocok jika diletakkan di rumah sebagai penghias ruang.  


10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Namun sayang, dibalik kecantikannya ternyata tanaman yang tidak mengenal musim ini memiliki kelemahan, yakni akan layu atau mati apabila terkena cahaya matahari berintitas tinggi. Makanya Kaktus Udang hanya mampu hidup di daerah hutan tropis yang intensitas cahaya mataharinya tidak tinggi.

Dari sekian warna bunga yang dihasilkan Kaktus Udang, merah tua adalah warna yang paling banyak digandrungi pecinta tanaman hias. Selain terlihat segar, warna merah tua pada bunga Kaktus Udang juga terlihat sangat mencolok bila pandang mata. 

            Bagi yang ingin mendapatkannya, Kaktus Udang ini banyak dijual di nurseri-nurseri ataupun pusat-pusat tanaman hias. Harganya pun relatif murah, untuk pot diameter 10 cm dijual dengan harga Rp 15 ribu, sedangkan pot berdiameter 15 cm harganya hanya Rp 30 ribu saja. Namun untuk Kaktus Udang yang diokulasi ke tanaman lain harganya relatif lebih mahal. Untuk pot berdiameter 15 cm harganya bisa mencapai Rp 250 ribu.

Kaktus Hias: Beda Nama, Beda Keindahan, Beda Pula Sensasinya

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah