logo


Sop Kambing Campur, Kegemaran Keluarga Cendana dan Cikeas

Di Warung Dudung Roxy, pengunjung dapat memilih sendiri bagian daging kambing yang ingin disantap.

28 Oktober 2014 16:40 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA,JITUNEWS.COM- Masakan Betawi seperti Nasi Uduk, Ketoprak, Kerak Telor, atau Gado-Gado, pasti sudah tak asing lagi di telinga. Karena selain cukup familiar, sebagian orang pasti pernah bahkan menyukai menu-menu tersebut. Lalu bagaimana dengan olahan daging kambing seperti Sate Kambing atau Sop Kambing? Suka juga? Bila memang Anda penggemar olahan tinggi protein ini, jangan sampai melewatkan aneka menu yang disajikan Warung Dudung Roxy. Konon, Keluarga Cendana dan Keluarga Cikeas pun telah kepincut dibuatnya.

Berlokasi di Jl. Biak Roxy No.44-Jakarta Pusat, warung yang dirintis oleh orang asli Betawi H. Dudung Abdullah sejak tahun 1975 ini memang sudah kondang di kalangan pecinta olahan berbahan kambing. Melangkahkan kaki masuk ke dalam, benar saja, 150 kapasitas kursi yang disediakan, hampir setengahnya terisi oleh pengunjung yang kebanyakan pekerja kantoran, tengah asyik menyeruput menu favorit di sini yakni Kuah Sop Kambing. Ada juga yang sedang sibuk mengoyak daging sate dari tusuknya. Pemandangan kuliner kaki lima yang sungguh menggoda.

Yang menjadi keunikan di Warung Dudung Roxy, pengunjung dapat memilih sendiri bagian daging kambing yang ingin disantap. Potongan daging kaki, lidah, tulang muda, otak, torpedo, kuping, daging tulang muda, sampai pangkal lidah kambing sengaja disusun dalam waskom-waskom dan dijejar di atas meja pengolahan. Bila Anda bingung, minta saja bantuan pelayan untuk memilihkannya, atau Anda cukup katakana, Bang, Sop Kambing Campur!


Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Beef Teriyaki

Pelayanan di sini cukup memuaskan dan cepat. Tidak memakan waktu lama, pesanan Sop Kambing Campur pun telah tersedia di depan mata. Sop Kaki Kambing hadir dengan warna putih kekuningan. Namun setelah ditambahkan minyak samin yang berbentuk seperti margarin, warnanya pun akan menjadi kecokelatan  dan mengeluarkan aroma samin yang terendus harum. Wow, tampilannya awalnya saja sudah membuat perut keroncongan. Tak sabar rasanya untuk segera menyantapnya!  

Saat mengambil isian yang bersembunyi dalam kuah, ternyata Sop Kambing Campur ini banyak diisi oleh potongan daging, babat, kaki kambing serta kripik kentang dan tomat. Kemudian ditaburi daun bawang dan bawang goreng. Tidak lupa juga ditambah dengan emping yang diguyur dengan kuah sop agar lebih mantap. Dengan tambahan nasi putih hangat membuat menu ini layak dijadikan menu makan malam yang sangat tepat. Selain enak, Sop Kambing Campur juga mengenyangkan.

Saat dicicip, hirupan kuahnya terasa gurih-asin yang alami selayaknya kaldu daging asli yang sedap. Kuahnya sedikit kental dengan rasa gurih dan aroma bau amis kambing yang hampir sama sekali tidak terjejaki. Hmm.. agar semakin mantap lagi, tambahkan sambal cabai sesuai selera lalu aduk hingga rata. Rasanya pun terasa makin segar, sedikit menggigit dan memicu derasnya cucuran keringat! Emping yang dikucuri kecap manispun jadi pelengkap sempurna santapan Sop Kambing Campur ini.

Tekstur daging kambingnya terasa renyah dan empuk, lembut, dan gampang dikunyah. Karena setelah daging kambing dipotong, daging lalu direbus berulang kali dalam air mendidih dan bumbu rempah seperti lengkuas, jahe dan serai geprek. Terakhir, barulah direbus dengan kuah susu. Tak heran bila rasa gurih di dalam daging begitu meresap. Untuk menikmati seporsi Sop Kaki Kambing ini Anda yang perlu merogoh kocek sebesar Rp 28.000/porsi

Dibanding warung tenda di sekitar, Dudung Roxy merupakan tempat makan yang dikelola secara professional. Banyaknya karyawan dan sistem pembayarannya pun dilakukan dengan mesin kasir. Tak heran, sampai sekarang cabangnya sudah ada lebih dari 20 di penjuru Jakarta dan Tangerang!

Ohiya, warung tenda yang buka dari pukul 17.30 hingga 00.00 WIB ini tidak hanya digemari oleh kalangan selebritis seperti Lydia Kandau, Mansur.S, Eza Yayang, dan salah satu personil group lawak Isa Bajaj saja, keluarga Cendana, sampai keluarga Cikeas pun ikut kepincut dengan kelezatan yang dihadirkan dari Sop Kaki Kambing buatan warung Dudung Roxy. “Biasanya kalau ada even, keluarga mantan presiden Soeharto dan keluarga presiden SBY selalu pesan Sop dan Sate Kambing ke kami,” papar H. Dedy.

Hebat kan? So, buat Anda yang sedang kedinginan, cobalah mampir dan hangatkan perut Anda di sini! Eitss.. tapi harus diingat jangan sampai lupa diri, Bagi Anda penderita kolesterol tinggi, kandungan kolesterol yang terdapat di menu ini tergolong cukup tinggi. Nyok wisata kulineran di mari! Hasballah

 

 

Pono Gandeng UMKM, Resto, dan Kafe di Bulan Ramadan

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah