logo


Strategi Wujudkan Swasembada Pangan Ala Amran Sulaiman

Amran janjikan swasembada pangan dalam 3-4 tahun

28 Oktober 2014 14:40 WIB

m.bisnis.com
m.bisnis.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengungkapkan, Kementerian Pertanian sudah memiliki strategi jitu untuk mewujudkan swasembada pangan.

Ia mengatakan, akan mengupayakan kedaulatan pangan yang berbasis pada Agribisnis Kerakyatan, yaitu dengan cara kebijakan pengendalian impor pangan berdasarkan kepentingan pangan nasional, penanggulangan kemiskinan di sektor pertanian dan dukungan regenerasi petani serta implementasi reforma agraria.

"Dalam swasembada pangan, faktor pendorong sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah soal irigasi, bendungan, sarana jalan dan transportasi, bibit, pupuk, pasar dan kelembagaan pasar itu sangat penting mekanismenya," ungkapnya kepada wartawan di Kementerian Pertanian, Jakarta (28/10/2014).

Amran juga menyampaikan, akan menerapkan skala prioritas untuk beberapa komoditas tertentu seperti padi, jagung, kedelai dan gula. Akan tetapi, Amran mengaku, belum bisa menargetkan pencapaian swasembada tersebut. Namun ia berharap akan dapat tercapai dalam waktu dekat.

"Doakan mudah-mudahan 3-4 tahun tercapai swasembadanya," ujar Amran.

Selain itu, Amran juga mengembangkan lokasi yang memiliki komoditas spesifik yang berpotensi.

"Komoditi spesifik lokasi, spesifik daerah yang mempunyai daya saing harus kita kembangkan sesuai dengan potensi daerah dan peluang pasar domestik ataupun internasional," tutup Amran.

Mentan Minta Bupati Segera Salurkan Pupuk Bersubsidi

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana