logo


Sensasi Empuknya Sate Kambing yang Lezat

Bila melintasi Jl. Wibawamukti II, Jatiasih-Bekasi, coba mampir ke Sate Khas Betawi Mpok Yani bikin nonjok lid

28 Oktober 2014 13:29 WIB

DOC. JITUNEWS
DOC. JITUNEWS

Bekasi, JITUNEWS.COM- Menyantap tusuk demi tusuk Sate khas Betawi bisa menjadi pilihan saat lapar melanda. Nah…bila Anda sedang melintasi Jl. Wibawamukti II, Jatiasih-Bekasi, coba saja mampir ke Sate Khas Betawi Mpok Yani yang menjual aneka olahan Sate khas Betawi yang bikin nonjok lidah.

Beberapa menu yang disajikan antara lain Sate Kambing, Sate Ayam dan Sop Kambing. Namun, yang menjadi menu primadona adalah Sate Kambing. Untuk bumbu sate, ada dua macam pilihan yakni bumbu kacang dan bumbu kecap. Daging kambing yang digunakan adalah kambing muda berusia tujuh bulan. “Daging kambing muda dapat menghasilkan tekstur yang empuk saat dibakar,” terang Izal, pemilik Sate Khas Betawi Mpok Yani.

Daging kambing yang sudah ditusuk, lalu dibakar di atas bara api batok kelapa, sambil dikipas menggunakan kipas bambu, sesekali sate dilumuri dengan bumbu kecap yang diberi irisan bawang dan minyak sayur. Setelah 5 menit atau daging kambing berubah warna, sate diangkat dan diberi perasan air jeruk limau agar tidak bau amis. Kemudian sate ditaburi lada bubuk, bumbu kacang yang terbuat dari campuran kacang tanah, kacang mede serta kecap dan diberi taburan bawang goreng. ”Penggunaan kacang mede pada bumbu kacang agar lebih terasa gurih,” tambah Izal.


Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Beef Teriyaki

Perbedaan Sate Betawi dengan sate daerah lain terletak pada penyajian di gerobak. ”Jika menjual Sate Betawi pasti daging kambing digantung dalam gerobak,” imbuh Izal. Untuk menikmati Sate Kambing, Anda cukup merogoh kantong sebesar Rp 15 ribu/10 tusuk. Plus nasi putih Anda hanya menambah Rp 4 ribu/piring.

Jika belum puas dengan sensasi empuknya Sate Kambing, Anda wajib mencoba Sop Kambing yang dijamin bikin ketagihan karena royal akan rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, jinten, biji pala, daun salam, garam dan penyedap rasa. Daging yang empuk dan tidak bau amis sangat menggoda lidah untuk terus digoyang hingga bersih tuntas. Mmm…mantap. Seporsi Sop Kambing dijual dengan harga Rp 12 ribu. “Dalam sehari kami menghabiskan 2 ekor kambing,” tambah Izal.

Untuk menyambangi Sate Khas Betawi Mpok Yani, datangi saja saat jam operasional, mulai dari pukul 11 siang hingga 12 malam. 

Pono Gandeng UMKM, Resto, dan Kafe di Bulan Ramadan

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid