logo


DPR Temukan RPH Tak Terawat di NTB, Begini Tanggapan Mentan

RPH itu berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

15 April 2016 10:21 WIB

Rumah Pemotongan Hewan (Ist)
Rumah Pemotongan Hewan (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus melakukan kajian pada setiap rumah potong hewan (RPH) yang ada, mulai dari kelengkapan fasilitas, kebersihan, hingga tata kelola yang sesuai standar. 

Kajian itu, kata Amran, dilakukan untuk memastikan bahwa ruang akhir yang menjadi tempat pengeksekusian hewan potong aman dari sejumlah penyakit. “Kita mau pastikan bahwa di RPH itu aman, bukan justru menjadi sumber penyakit,” papar Amran, Kamis (14/4), setelah rapat anggaran bersama Komisi IV DPR RI, di Jakarta. 

Upaya ini menyusul adanya temuan Komisi IV DPR RI berupa RPH tak terawat di daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena temuan itu, pihak DPR mendesak Amran agar segera melakukan upaya pengontrolan kembali terhadap setiap RPH yang ada di tanah air.


Ke Petani, Pupuk Indonesia: Gunakan Pupuk Berkualitas

Tak hanya soal RPH, dalam rapat anggaran tersebut, Amran juga menjabarkan serapan anggaran yang telah dilakukan oleh pihaknya dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan). Mulai dari serapan anggaran untuk peningkatan produktivitas padi, jagung, hingga kedelai. 

Kementan: Tak Ada lagi Impor Benih Jagung

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro