logo


Kemenristekdikti Bantu Siapkan SDM dalam Pembangunan Blok Masela

Universitas Pattimura dan Politeknik Negeri Ambon akan bekerjasama dengan kampus lain di Indonesia

14 April 2016 20:46 WIB

Menteri Mohamad Nasir dalam jumpa pers soal penyediaan SDM Masela (foto: Ist)
Menteri Mohamad Nasir dalam jumpa pers soal penyediaan SDM Masela (foto: Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ikut membantu menyiapkan tenaga trampil untuk Pembangunan Blok Masela. Kemristekdikti akan bekerjasama dengan sejumlah organisasi dan perguruan tinggi, seperti Persatuan Insinyur Indonesia, Universitas Pattimura, Politeknik Negeri Ambon, dan Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) Akamigas Cepu.

"Presiden Joko Widodo telah memutuskan pembangunan Blok Masela berada di darat. Presiden juga menghimbau Kementrian Ristekdikti untuk menyiapkan SDM yang akan terlibat dalam pembangunan Blok Masela," kata Menteri Risetdikti Mohamad Nasir, dalam jumpa pers, Selasa (5/4/16) di Jakarta.

Untuk itu, Menteri Nasir antara lain memberi mandat kepada Universitas Pattimura agar ikut menyiapkan SDM. Tenteng jenis keahlian yang dibutuhkan, Kemristekdikti akan berkoordinasi dengan Menteri ESDM dan PII. Namun, menurut Menteri Nasir, program-program studi seperti teknik perminyakan, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik industri, teknik fisika, dan teknik sipil akan sangat berguna bagi pembangunan Blok Masela.

Untuk tahap awal, Universitas Patimura maupun Politeknik Negeri Amboin akan bekerjasama dengan perguruan tinggi di luar Maluku yang akan menyediakan dosen dan laboratorium.

Sebagai tempat praktikum, selain bisa dilakukan di kampus, juga bisa digelar di berbagai fasilitas pelatihan yang ada di industri, misalnya pada PT Badak LNG. Saat ini, Universitas Pattimura dan Politeknik Negeri Ambon sudah bekerjasama dengan STEM Akamigas Cepu untuk menyiapkan tenaga kerja migas.

Penyiapan SDM tidak hanya ditujukan untuk membangun dan mengelola Blok Masela, tapi juga untuk mendukung industri hilir yang akan berkembang dengan beroperasinya Blok Masela.

Pada akhir pertemuan, Menristekdikti Nasir kembali menekankan bahwa pemberdayaan SDM lokal di sekitar Blok Masela, termasuk dari Maluku merupakan hal mutlak, agar penduduk Maluku tidak hanya menjadi penonton saja.

Delegasi Kesenian UGM Ikuti Misi Seni-Budaya Internasional

Halaman: 
Penulis : Dwi Setyo Irawanto