logo


Bela Ahok, Ruhut Sindir Nama Kepala BPK Ada di Panama Papers

Ruhut bilang, yang ngaco itu bukan lembaganya, tapi ketua BPK-nya.

13 April 2016 15:43 WIB

Anggota Komisi III DPR RI, Ruhut Sitompul. (Foto: dpr.go.id)
Anggota Komisi III DPR RI, Ruhut Sitompul. (Foto: dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Partai Demokrat, Ruhut Sitompul mengungkapkan, yang dianggap tidak masuk akal oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bukanlah lembaga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), namun Kepala BPK-nya, yakni Harry Azhar Aziz.

Seperti diketahui, Ahok menganggap hasil audit investigasi yang dilakukan BPK yang menyebut ada kerugian negara dalam pembelian tanah untuk Rumah Sakit Sumber Waras adalah audit yang tidak masuk akal.

Pernyataan Ahok itu pun sontak menuai Pro dan Kontra di kalangan masyarakat, terlebih lagi di kalangan anggota. Ada anggota DPR yang mendukung Ahok, ada pula yang kontra dan menganggap Ahoklah yang tidak masuk akal.


KPK Diminta Jangan Termakan Omongan Ahok Soal Sumber Waras

Ruhut pun mengartikan maksud dari pernyataan Ahok tersebut. Menurutnya, yang dimaksud tidak masuk akal oleh Ahok itu sesungguhnya pimpinan BPK DKI Jakarta, bukan lembaganya.

Lalu, Ruhut juga menyinggung nama Ketua BPK RI Harry Azhar Aziz yang namanya masuk ke dalam dokumen Panama Papers yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

"Maksud Ahok itu orangnya, Ketua BPK, karena dia kan masuk Panama Papers. Misalnya, DPR ngaco, yang ngaco kan anggotanya, kalau sebagai lembaga yang kita hormati," ungkap Ruhut di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (13/4).

Ruhut menduga, BPK di bawah kepemimpinan Harry ada muatan politis dalam audit tentang kasus pembelian tanah untuk Rumah Sakit Sumber Waras tersebut. "Kalau bicara Ahok yang aneh-aneh, semua politik. Karena dia itu orang jujur, kalau orang yang nggak jujur, nggak suka sama dia," tuturnya.

Seperti diketahui, Ahok diperika KPK sekitar 12 jam lamanya. Dia mendapat sekitar 50 pertanyaan penyidik. Usai diperiksa, kepada wartawan, Ahok mengklarifikasi hasil audit BPK yang menurutnya tidak tepat. "Orang jelas BPK-nya ngaco begitu kok," kata Ahok di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (12/14) kemarin.

Singgung Panama Papers, Ahok: Yang Duduk di BPK Berani Tidak Buktikan Hartanya

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin