•  

logo


Menteri BUMN Rayu Antam Ambil Alih Saham Newmont

Rini tidak menampik jika Antam ingin bekerjasama dengan Medco guna mengambil alih saham Newmont.

13 April 2016 13:44 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno. (Jitunews/Latiko A.D)
Menteri BUMN Rini Soemarno. (Jitunews/Latiko A.D)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setelah PT Medco Energi Internasional menyatakan kesiapannya mengambil alih saham PT Newmont Nusa Tenggara, kini PT Aneka Tambang/Antam (Persero) tengah dirayu untuk ikut mengambil alih saham Newmont.

Upaya ini diamini langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang juga menginginkan hal yang sama. Dirinya mengaku, saat ini pihaknya tengah merayu Antam agar merealisasikan keinginan tersebut.

"Kami berharap memang kami sedang bicara dengan Antam bagaimana kalau Newmont ini kemungkinan BUMN bisa ikut," ungkap Rini di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (13/4).


Soal Calon Bos Baru PLN, Rini Bilang...

Rini juga tidak menampik jika Antam ingin bekerjasama dengan Medco sebagai perusahaan swasta dalam negeri guna mengambil alih saham Newmont secara bersama-sama.

"‚ÄéKalau enggak ya kerja samalah, kenapa tidak sih BUMN bekerjasama dengan swasta lokal untuk mengambil alih kepemilikan dari asing," tandasnya.

Seperti yang diatur dalam Peratran Pemerintah Nomor 77 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, bahwa perusahaan tambang wajib melakukan penawaran divestasi saham kepada pihak Indonesia melalui tahapan menawarkannya kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota setempat, atau kepada BUMN dan BUMD, atau kepada badan usaha swasta nasional.

Indonesia Perlu Ambisius Soal Energi Terbarukan

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Syukron Fadillah