logo


Banyak Pertimbangan, Pencabutan Subsidi Solar Masih Dikaji

Pencabutan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar masih menuai banyak pertimbangan

13 April 2016 08:28 WIB

SPBU (ist)
SPBU (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pencabutan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar masih menuai banyak pertimbangan. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menilai, banyak aspek yang perlu dilihat sebelum akhirnya diputuskan subsidi untuk Solar benar-benar ditiadakan.

"Tadi kan juga mengemuka, beberapa anggota Komisi VII menyatakan bahwa barangkali sudah waktunya benar-benar dilepaskan pada harga keekonomian. Tapi tentu kita memperhatikan semua aspek," ungkap Sudirman saat ditemui di Gedung DPR MPR, usai melakukan Rapat Kerja dengan Komisi VII, Selasa (12/4) malam.

Sudirman mengaku, berbagai kemungkinan masih bisa muncul, seperti usulan pergeseran subsidi Solar untuk kebijakan lain. Opsi-opsi tersebut masih menjadi pertimbangan dan masih perlu penghitungan detil terkait manfaat pergeserannya.


Suharno, Jenderal Beruntung yang Bisa Pegang Tongkat Komando Presiden Sukarno

"Dalam APBNP nanti mungkin akan kita lihat Kemenkeu akan mengusulkan pergeseran subsidi solar. Itu musti dihitung secara keseluruhan, plus minusnya gimana, manfaatnya kalau digeser, terus akan digunakan untuk apa," jelasnya.

Rencananya, jika wacana tersebut sudah mendapat restu persetujuan maka proposal akan masuk pada pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P).

Ngaku Jungkir Balik Dukung Jokowi, Kapitra Minta Jadi Jaksa Agung

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan