logo


Unik Tentang Kaktus, Must See !!

Ketika dijelaskan tentang kaktus, maka pada sebagian besar orang yang terbayang adalah gambar ini

28 Oktober 2014 08:52 WIB

Tanaman kaktus.(cactus.cl)
Tanaman kaktus.(cactus.cl)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kali ini kita coba melihat sebuah keindahan di padang pasir. Bila selama ini, bagi sebagian orang, padang pasir hanyalah lahan luas yang tandus, kering dan dengan panas ekstrim. Belum lagi kurangnya ketersediaan air di padang pasir yang mana air sangatlah berguna buat semuanya. Seperti itulah kurang lebih

Ternyata bersama padang pasir yang kering & tandus tersbut, padang pasir adalah rumah bagi beberapa organisme yang kuat, tangguh dan sangat indah di planet bumi. Ya, dialah KAKTUS.

Faktanya, semua kaktus itu mengandung air, tetapi tidak semua yang mengandung air itu kaktus, walaupun bentuknya mirip. Lalu bagaimana mekanisme pertahanan diri tanaman ini untuk tumbuh dan berkembang serta beradaptasi di lingkungan keras mereka ?


Cara Sederhana Bertanam Jagung Manis,

Seluruh bagian dari tanaman kaktus tersusun untuk menyimpan air, baik itu daunnya, akarnya, batangnya, semuanya. Tidak seperti kebanyakan tanaman selain kaktus, suplai air selain berasal dari akar juga berasal dari batang ke akar. Untuk menjaga dari penguapan, batang kaktus terlidungi dengan lapisan lilin.

Akar kaktus juga unik, tidak tumbuh vertikal ke bawah tetapi horisontal dan hanya beberapa inchi di bawah permukaan tanah.Akar kaktus adalah inti tanaman kaktus, itulah sebabnya walaupum berupa tanaman kecil memiliki akar yang besar. Dengan adanya kadar H2O pada tanaman kaktus, maka dapat dikatakan kaktus merupakan cadangan air alami. Walaupun demikian, tidak akan ditemui benar-benar air dalam tanaman kaktus, yang ada hanyalah cairan kental berlendir.

Selanjutnya dengan duri kaktus atau disebut juga jarum, berupa tonjolan runcing sebenarnya adalah daun kaktus. Duri kaktus tumbuh dari struktur khusus yang disebut areoles. Ukuran duri dapat bervariasi dari spesies ke spesies.Fungsi duri adalah membantu memantulkan sinar matahari dan menjaga tanaman dingin. Tapi fungsi paling penting dan utama dari duri adalah untuk melindungi tanaman dari burung dan binatang (yang suka mengunyah kaktus sebagai cara untuk melembabkan)

Untuk tampil menawan, kaktus tidak mesti tumbuh besar dan tinggi, beberapa varietas kaktus tumbuh hanya dalam ukuran yang kecil.

Apaah anda sekarang sudah mengenal kaktus ? Ketahuilah, meeka adalah tanaman kebun yang sempurna untuk pecinta bunga pemula.

 

Menanam Buah di Pekarangan Sempit, Tabulampot Solusinya

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya