logo


Tips Jitu Memilih Cupang Kontes

Ikan cupang yang tidak layak kontes mempunyai sirip yang tidak lengkap

27 Oktober 2014 15:10 WIB

Istimewa
Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ikan cupang Anda ingin ikut kontes? Jangan buru-buru diikutsertakan. Teliti dulu lagi apakah ikan cupang Anda sudah layak buat ikut kontes, sebab salah-salah jagoan Anda bisa kejungkal dari arena kontes.

Dalam memilih ikan cupang buat kontes, maka yang perlu diperhatikan adalah kondisi ikan yang sehat. Caranya dengan melihat badan dan siripnya yang terlihat bersih dan tidak ada yang cacat. Sisik terlihat rapi dan yang pasti memiliki mental berani.

Ikan cupang yang tidak layak kontes mempunyai sirip yang tidak lengkap, pada sirip analnya ada sirip yang patah mungkin diakibatkan jamur yang menyerang siripnya, seritnya tidak tersusun dengan rapih & kurang agresif.


Menteri Susi: Ikan Jadi Andalan Utama

Kemudian perhatikan di bagian tulang sirip. Apakah terlihat rapi dan terlihat lurus? Kemudian saat sirip berdiri tegak dan tutup ingsang terbuka lebar saat ngedok maka akan terlihat agresif dan lincah pada saat melihat lawannya.

Di bagian tubuh, kita tarik garis tengah, memperlihatkan bayangan yang simetris antara bagian atas dan bawahnya. Bentuknya proporsional untuk tubuh dan siripnya. Badan agak mengecil sedikit pada bagian pangkal ekor. Bentuk, lebar & ukuran sirip punggung (dorsal) harus mendekati bentuk, lebar & ukuran sirip bawah (anal).

Bukaan ekor (caudal) membentuk sudut 180 derajat yang di ukur dari tulang ekor pertama hingga tulang ekor terakhir. Bagian luar dari ketiga sirip (sirip ekor, punggung, & bawah) membentuk lingkaran yang saling menutupi dan tidak ada sepasi di antaranya biasanya tulang ekor pada cupang serit berjumlah minimal 11 batang tulang ekor, sirip terlihat lebar dan overlapping di setiap ujungnya.

Pada cupang kontes yang ideal memiliki warna yang indah dengan identitas yang sama. Pada kelas warna dasar solid, tidak ada warna lain terlihat pada sirip dan tidak ada noda warna lain didalam badannya. Pada kelas warna kombinasi cupang harus memiliki warna gelap dan terang yang memiliki warna kontras. secara keseluruhan penampilan warna harus tampak menarik, indah dan mengkilap.  (berbagai sumber)

Realisasikan Bantuan Usaha Budidaya, KKP Tebar Perdana Benih Ikan

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Admin