logo


Menperin: Industri Otomotif Telah Ditetapkan Pemerintah Sebagai Salah Satu Prioritas

Industri otomotif telah berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 1,5 juta orang

9 April 2016 19:27 WIB

Menteri Perindustrian, Saleh Husin, mencoba sepeda motor Ducati saat mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Jakarta, Jumat (8/4). (Foto: Humas Dyandra Promosindo)
Menteri Perindustrian, Saleh Husin, mencoba sepeda motor Ducati saat mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Jakarta, Jumat (8/4). (Foto: Humas Dyandra Promosindo)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin, yakin Indonesia mampu menjadi basis produksi pabrikan otomotif dunia. Bukan hanya sebagai negara tujuan pemasaran, sebaliknya produksi mobil dan sepeda motor nasional dapat berorientasi ekspor. Para perusahaan otomotif pun terus didesak memperbanyak membangun pabrik mesin dan komponen serta bukan sekadar perakitan.

"Pendekatannya beragam, kadang saya sindir, saya goda, juga saya tawarkan dengan memaparkan fasilitas fiskal dan non fiskal. Bahkan saat ke pabrik beberapa merek di Jepang, kita terus terang bilang 'jangan tanggung-tanggung berbisnis otomotif di Indonesia'. Pemerintah sudah serius, jangan sampai momentum baik ini dilewati mereka dan justru diambil kompetitor," ujarnya usai berkeliling meninjau Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut, Saleh menambahkan bahwa industri otomotif telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu prioritas melalui berbagai upaya strategis terutama untuk menarik investasi baru dan mendorong peningkatan kapasitas produksi.

Upaya yang dilakukan antara lain memperkuat struktur industri otomotif melalui peningkatan kemampuan industri komponen dan infrastruktur teknologi, peningkatan daya saing industri otomotif melalui peningkatan kemampuan SDM dan manajemen industri, serta peningkatan penguasaan teknologi dan R&D industri otomotif.


Pertamina Gelar Upacara HUT RI, Bersama Veteran Berbagi Semangat Perjuangan

Sementara itu, sebagai industri yang memberikan efek ganda cukup besar terhadap kegiatan sektor ekonomi lainnya, industri otomotif telah berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 1,5 juta orang. Jumlah itu terdistribusi pada berbagai sektor mulai dari industri perakitan, industri komponen lapis pertama, kedua dan ketiga, sampai di tingkat bengkel resmi sales, service dan spare parts.

Panglima TNI: Latihan Gabungan Uji Kesiapsiagaan TNI untuk Melaksanakan Kampanye Militer

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah