logo


Bersiap, Kementerian ESDM Bakal Lelang 11 WK Migas Konvensional

11 WK tersebut akan dibagi menjadi dua, yakni 4 lelang reguler dan 7 penawaran langsung.

8 April 2016 13:45 WIB

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja. (Istimewa)
Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) diimbau untuk menyiapkan langkah karena sebentar lagi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang 11 Wilayah Kerja (WK) konvensional pada periode pertama tahun 2016.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan, lelang yang akan dimulai pada 1 Juni 2016 mendatang ini terdiri dari empat lelang reguler dan tujuh penawaran langsung.

"Ada konvensional dan non konvensional. Untuk konvensional kita akan melelang total 11 di periode I. 4 lelang reguler dan 7 penawaran langsung," ungkap Wirat kepada wartawan di Kantornya, di Jakarta, Jumat (8/4).


Pemerintah Pastikan Konsumsi BBM dan Elpiji Aman

Sebagai persiapan, Wirat mengimbau, agar para stakeholder yang berminat dapat menandai tanggal-tanggal yang sudah dijadwalkan. Pada 1 Juni 2016, akses dokumen sudah bisa dilakukan. kemudian klarifikasi bisa dilakukan pada 8-22 Juni 2016, dan batas akhir penyerahan dokumen partisipasi pada 25 Juni 2016.

"Tanggal-tanggal ini yang harus dijaga dari sekarang. Supaya stakeholder yang berminat bisa lihat-lihat, kemudian melakukan assessment (penilaian) dan juga analisis," ujarnya.

Sementara untuk lelang reguler, prosedurnya juga tidak jauh berbeda. Wiratmaja menjelaskan, waktu dimulainya sama, yakni 1 Juni 2016. Namun untuk proses klarifikasi WK reguler, waktu yang diberikan lebih lama, yakni dari 8 Juni-5 Oktober 2016. Dengan demikian, batas waktu penyerahan dokumen partisipasi baru dilakukan pada 7 Oktober 2016.

"Kalau yang reguler gak jauh beda, mulainya 1 Juni juga. Tapi diberikan waktu yang lebih lama untuk klarifikasi," pungkasnya.

Berikut WK yang dilelang:

Lelang reguler:

1. South CPP
2. Suremana I
3. South East Mandar
4. Nort Arguni

Penunjukan langsung:

1. Bukit Barat
2. Batu Gajah Dua
3. Kasongan
4. Ampuh
5. Ebuny
6. Onin
7. West Kaimana

Pemerintah Tak Akan Revisi Target Lifting Migas

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin