logo


YLKI Minta Agar Publik Tak Tergiur Iklan Properti di Teluk jakarta

Sejauh ini pengembang baru memiliki izin prinsip yang dikeluarkan oleh Pemda DKI.

8 April 2016 12:01 WIB

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi. (Istimewa)
Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ribut-ribut soal suap reklamasi Teluk Jakarta, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) malah menghimbau agar masyarakat tidak tergiur dengan iklan properti di areal tersebut.

Di tengah aksi promosi penawaran harga yang dilakukan oleh para pengembang reklamasi Teluk Jakarta, rupanya proyek pengurukan laut untuk kemudian dijadikan pulau buatan itu menyimpan masalah besar tentang, khususnya perizinan.

"Jangan tergiur oleh tawaran atau iklan dari pengembang apapun yang menawarkan produk properti di daerah reklamasi Teluk Jakarta, sebelum masalah perizinan reklamasi Teluk Jakarta mengalami titik terang," tegas Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (8/4).


Pers Indonesia Berduka. Selamat Jalan, Bang Leo Batubara!

Tulus menyampaikan, membeli properti di wilayah reklamasi Teluk Jakarta kelak menimbulkan persoalan. Posisi hukum yang lemah jelas berpotensi melahirkan permasalahan, khususnya yang berkaitan dengan perizinan.

YLKI sendiri berpendapat, untuk bisa menjalankan proyek properti di lahan reklamasi pengembang setidaknay harus memiliki empat dokumen perizinan. Seperti, izin prinsip, izin reklamasi, izin pemanfaatan reklamasi, dan izin memandirikan bangunan.

Parahnya, sejauh ini pengembang baru memiliki izin prinsip yang dikeluarkan oleh Pemda DKI. Untuk itu Tulus mengingatkan publik agar tidak tergesa-gesa melakukan transaksi.

"Jangan sekali- kali melakukan transaksi produk properti hasil reklamasi, apabila pengembang belum memiliki 4 perijinan tersebut," kata Tulus.

Selain itu, YLKI meminta Pemda DKI untuk menghentikan promosi atau pemasaran produk properti hasil reklamasi yg tidak didukung 4 dokumen perizinan dari Pemda DKI tersebut.

 

Apresiasi Pencabutan Izin Reklamasi, DPD: Warga Jakarta Patut Bersyukur Punya Anies

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah
 
×
×