logo


Kementan Targetkan Panen Padi Meningkat di Indramayu

Teknologi jajar legowo telah terbukti meningkatkan hasil 15 hingga 20 persen.

7 April 2016 10:57 WIB

ilustrasi petani mempersiapkan acara panen raya padi. (Jitunews/Latiko A.D)
ilustrasi petani mempersiapkan acara panen raya padi. (Jitunews/Latiko A.D)

INDRAMAYU, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bersama Komisi IV DPR RI menggelar panen padi sawah irigasi potensi hasil tinggi melalui dem-area teknologi jajar legowo super di Desa Karanggetas, Kecamatan Bangodua, Indramayu, Kamis (7/4/2016).

Dem-area teknologi jajar legowo super merupakan salah satu teknologi Balitbangtan untuk meningkatkan produksi padi.

Acara ini di hadiri ole Kepala Balitbangtan, Kementan, Muhamad Syakir, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron, Bupati Indramayu, Anna Sophanah dan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan, Agung Hendriadi.


Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Syakir menjelaskan, teknologi jajar legowo telah terbukti meningkatkan hasil 15 hingga 20 persen dan produktivitas padi terbukti meningkatkan hasilnya mulai dari 60 hingga 90 persen. Implementasi pengembangan model ini dilakukan dalam bentuk dem-area dengan tujuan memverifikasi keunggulan inovasi yang diterapkan.

Di tahun 2015 hingga 2019, Kementan menargetkan produksi untuk padi harus meningkat 2,21 persen per tahun, jagung 5,57 persen per tahun, dan kedelai 60,81 persen per tahun.

"Pada tahun ini, pemerintah menargetkan produksi padi sebesar 76,23 juta ton atau naik 1,65 persen dari tahun 2015,"jelas syakir.

Berdasarkan hasil panen ubinan yang dilakulan BPS Indramayu bersama Tim terpadu yakni Balitbangtan, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Indramayu, UPTD Kecamatan Bangodua, TNI dari Koramil Bangodua dan Gapoktan perserta dem-area, sebanyak empat dari lima varietas unggul baru yang ditanam di dem-area terbukti menunjukan produktivitas tinggi dibandingkan produktivitas rata-rata di luar dem-area.

Agar Distribusi Pupuk Lancar, Kementan Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi

Halaman: 
Penulis : Suciati, Syukron Fadillah