logo


Ombudsman Temukan 37 Lembar Kunci Jawaban UN Bertebaran di Sekolah

Bentuk tulisan kunci jawabannya itu sepertinya telah direncanakan, karena ada kunci jawaban itu diketik dan dicetak dengan kertas

5 April 2016 16:39 WIB

Salah Seorang Asisten Ombudsman Perwakilan Sumbar memperlihatkan lembaran kunci jawaban UN yang ditemukan tersebar di halaman sekolah SMA/SMK sederajat di Padang. (Foto: Jitunews/Muhammad Noli Hendra)
Salah Seorang Asisten Ombudsman Perwakilan Sumbar memperlihatkan lembaran kunci jawaban UN yang ditemukan tersebar di halaman sekolah SMA/SMK sederajat di Padang. (Foto: Jitunews/Muhammad Noli Hendra)

PADANG, JITUNEWS.COM - Hingga hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016 di Sumatera Barat (Sumbar), Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat menemukan 37 lembar kunci jawaban UN yang tersebar di lingkungan dan perkarangan sekolah.

Asisten Ombudsman Sumbar, Adel Wahidi, mengatakan, 37 lembar kunci jawaban itu didapatkan diberbagai tempat, diantaranya diterbarkan di perkarangan sekolah, di dalam WC, dan bahkan dibawa langsung oleh peserta UN ke dalam ruangan ujian.

"37 lembar kunci jawaban yang kami temukan itu dituliskan dengan ukuran kertas yang berbeda, mulai dari robekan sudut kertas hingga ukuran seperempat kertas," ungkap Adel saat ditemui JITUNEWS.COM, Selasa (5/4).


Spesialis Kejahatan Ganjal ATM, Sukses Dibekuk Polisi

Ia menduga, bentuk tulisan kunci jawabannya itu sepertinya telah direncanakan, karena ada kunci jawaban itu diketik dan dicetak dengan kertas. Selain itu, kunci jawaban yang tersebar itu juga bertuliskan dari tinta pena dan pensil. 

"37 lembar kunci jawaban itu ditemukan Ombudsman di 7 SMA/SMK sederajat di Padang yang melaksanakan UN 2016," katanya.

Menurutnya, kunci jawaban yang beredar di sekolah itu, tidak hanya bagi sekolah yang melaksanakan UN kertas, tapi juga ada ditemukan sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ia mengakui, investigasi penyelenggaraan UN di Sumbar hanya dilakukan di Kota Padang saja. Kendati demikian, Ombudsman juga telah menyebarkan contact person aduan Ombudsman. Namun, hingga saat ini belum ada dari Kabupaten/Kota lain yang melaporkan ke Ombudsman, terkait tidak tertibnya pelaksanaan UN.

Adel juga mengatakan, setelah pelaksanaan UN usai dilaksanakan, kunci jawaban yang ditemukan itu akan diserahkan ke Ombudsman Pusat untuk dikaji. Pengajian yang dilakukan ialah melakukan pencocokan kunci jawaban yang resmi dari panitia UN, dengan kunci jawaban yang beredar di sekolah.

Banyak Beredar Curhatan Soal UNBK Sulit, Begini Tanggapan Mendikbud

Halaman: 
Penulis : Muhammad Noli Hendra (KR),
 
×
×