logo


Menelisik Lebih Jauh Bunga Penghasil Parfum

Disebut sebagai Bunga Sedap Malam, lantaran bunga ini mengandung minyak atsiri (minyak aromatik) yang mampu me

24 Oktober 2014 14:31 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM - Bunga Sedap Malam yang bernama latin Polianthes Tuberosa ini adalah salah satu bunga yang sudah banyak dikenal luas di Indonesia sebagai bunga potong yang bisa dimanfaatkan sebagai parfum. Sebagai bunga yang telah ditetapkan sebagai flora identitas dari provinsi Jawa Timur, namun Bunga Sedap Malam ternyata bukanlah berasal dari Indonesia. Perlu diketahui, bunga Sedap Malam ini sebenarnya berasal dari Meksiko dan baru diintroduksi ke Indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan China ke Indonesia.

Disebut sebagai Bunga Sedap Malam, lantaran bunga ini mengandung minyak atsiri (minyak aromatik) yang mampu menebar aroma wangi pada malam hari. Untuk pertumbuhannya sendiri, Sedap Malam tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak. Umbi ini merupakan batang semu sekaligus sebagai penyimpan makanan. Umbi bunga Sedap Malam juga digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Dan jika diamati dengan kasat mata, daun bunga Sedap Malam dapat berukuran hingga 60 cm dan memiliki bentuk yang panjang pipih berwarna hijau mengkilat di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun. Pada pangkal daun terdapat bintik-bintik berwarna kemerah-merahan.


Cara Benar Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku

Tangkai bunga muncul di ujung tanaman berbentuk memanjang dan beruas. Di setiap ruas muncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang dengan ukuran lebih kecil dari daun biasa. Pada tangkai bunga melekat 5-12 kuntum bunga (terkadang lebih) dengan mahkota bunga berwarna putih dan sedikit kemerahan di bagian ujung.

Meski secara keseluruhan penampilan bunga ini tidak memiliki bentuk dan warna seindah bunga lain seperti Anggrek ataupun Kamboja, namun di negara lain Bunga Sedap Malam memiliki keistimewaan tersendiri. Misalnya saja, Bunga Sedap Malam dijadikan oleh masyarakat Jepang sebagai perlambang cinta dan di Thailand, bunga ini merupakan kesayangan para perangkai bunga karena sifatnya yang harum dan tidak mudah layu. Sedangkan di Eropa, Bunga Sedap Malam sering diletakkan sebagai penghias ruangan ketika upacara keagamaan berlangsung.

Mekarnya bunga Sedap Malam tidaklah serempak melainkan berurutan. Kuntum bunga bagian bawah akan mekar terlebih dahulu lalu menyusul kuntum-kumtum bunga di atasnya secara berurutan. Oya, selain memiliki aroma yang harum, Bunga Sedap Malam juga dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong, bunga ini memiliki kesegaran yang mampu bertahan selama 5-10 hari.

Jangan Asal! Temukan Jenis-jenis Bunga yang Cocok dengan Karakter Pribadi Mu Di Sini

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah