logo


Pemerintah Tingkatkan Pemanfaatan Teknologi Guna Jaga Mutu Hasil Perkebunan

Alternatif strategi pengembangan komoditi perkebunan yakni melalui peningkatan produktivitas dengan menerapkan berbagai ivonasi teknologi

31 Maret 2016 14:53 WIB

Pekerja Memanen Teh di Perkebunan PT. Perkebunan Nusantara VI (Dok. PTPN VI)
Pekerja Memanen Teh di Perkebunan PT. Perkebunan Nusantara VI (Dok. PTPN VI)

BALI, JITUNEWS.COM - Direktur Umum Riset Perkebunan Nusantara (RPN), Teguh Wahyudi, mengatakan bahwa untuk mampu meningkatkan mutu hasil perkebunan untuk ke depannya pemanfaatan teknologi akan terus ditingkatkan.

Menurutnya, alternatif strategi pengembangan komoditi perkebunan yakni melalui peningkatan produktivitas dengan menerapkan berbagai ivonasi teknologi, perbaikan mutu bahan baku dan diversifikasi produk setengah jadi dan pengembangan berbagai produk atau industri hilir untuk meningkatkan permintaan di pasar domestik.

“Khusus komoditi karet, sawit, kopi, teh dan gula perlu dilakukan tambahan tindakan berupa efisiensi biaya dan divervisikasi usaha," kata Teguh, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews, Kamis (31/3).


Istimewanya Crowde, Platform Penghubung Petani dan Investor

Sementara itu Kepala Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, RPN, Misnawi menambahkan saat ini telah ada bibit kopi dan kakao super yang dihasilkan dari induksi akar, sehingga memiliki akar yang banyak.

“Keunggulan bibit kopi dan kakao super tersebut tahan akan kekeringan dan mampu menyerap air walaupun air terbatas, sehingga menjadi salah satu jawaban untuk menghadapi kekeringan panjang,” ujar Musnawi.

Beli Beras Sachet Rp 2.500, Bisa Kenyang Satu Hari!

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Agung Rahmadsyah