logo


Fadli Zon Ingin Dana Parpol Naik Rp5 ribu per Satu Suara

Hal ini untuk membantu keuangan partai politik

30 Maret 2016 14:18 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Foto: Dpr.go.id)
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Foto: Dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memberikan usulan pendanaan partai politik oleh negara agar dinaikkan dari Rp108 menjadi Rp5.000 per perolehan satu suara, untuk membantu keuangan partai politik.

"Kalau sekarang itu satu suara hanya Rp108, itu kurang sekali. Harusnya Rp5.000 per satu suara untuk membantu keuangan partai politik," kata Fadli Zon saat diskusi publik Jalur Perseorangan Penguatan Demokrasi atau Deparpolisasi, di Jakarta, Rabu (30/3).

Fadli menambahkan, selama ini partai kesulitan melakukan penggalangan dana. Sejak era orde baru, sambung Fadli, tidak ada partai yang bisa hidup hanya mengandalkan iuran anggota. 

"Partai hidup dari potongan gaji anggotanya di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Maka perlu dipikirkan ke depannya, parpol mendapatkan suatu dana," ujar Fadli.

Oleh sebab itu, untuk mengusung kepala daerah, partai kerap mempertanyakan kesiapan dana calon bersangkutan yang semata-mata untuk kepentingan kampanye calon tersebut.

"Jadi bukan mahar politik. Kenapa dana diperlukan karena mereka (partai) harus berjuang untuk aksi kampanye dan lain-lain. Kalau disebut mahar politik dengan jumlah fantastis itu tidak ada, dulu Gerindra usung pak Jokowi dan Ahok di Jakarta tanpa mahar," tutup Fadli.


Pastikan Sandi Akan Kembali Masuk ke Gerindra, Fadli Zon: Supaya Tak Confuse dan Bisa Leluasa

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya