logo


Cara Jitu Membuat Teh Herbal Tanpa Kutu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengeringan semua bahan di bawah terik matahari selama 2 hari untuk mengurangi kadar air

30 Maret 2016 13:45 WIB

Ilustrasi, teh herbal. (Ist)
Ilustrasi, teh herbal. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Semakin booming-nya produk herbal dengan segala faedahnya, membuat produsen obat herbal seakan saling berlomba untuk menciptakan produk herbal yang mujarab. 

Namun, dalam perjalanannya kerap ditemui kendala ketika dalam beberapa bulan pasca produksi, didapati kutu atau kumbang yang berkembang didalam kemasan herbal seperti yang dialami Effirman Azizy, produsen herbal asal Tangerang.

Di bawah payung usaha Ruhama yang dibentuk sejak 2008 lalu, pria yang akrab disapa Azizy ini mulai giat mempelajari ilmu herbal guna menciptakan obat yang baik dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Pada saat awal-awal usahanya berjalan, Azizy pun terhadang oleh kutu-kutu yang timbul pada racikan teh sirih merahnya.


Cek! Ini Ramuan Jitu Peluruh Batu Ginjal yang Sudah Dipercaya Selama 300 Tahun

“Pertama ada konsumen yang lapor, itu kenapa ada kutu di dalam teh nya. Pas saya periksa memang benar ada. Setelah saya pelajari ternyata kesalahan ada pada proses produksi, kutu itu mulai muncul saat 3 bulan pasca produksi,” kata Azizy kepada JITUNEWS.COM ketika ditemui beberapa waktu lalu di bilangan Cawang, Jakarta Timur.

Untuk membuat teh herbal tanpa kutu, kata Azizy, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengeringan semua bahan di bawah terik matahari selama 2 hari untuk mengurangi kadar air. Lalu rajang kasar dan masukan kedalam microwave selama beberapa menit untuk dipanaskan kembali. , blender semua bahan dan lakukan penyaringan dengan cara diayak hingga ukuran seragam.

“Dulu saya nggak pakai microwave, cuma disangrai saja. Karena panas yang tidak merata dari proses sangrai, lalu munculah kutu. Mangkanya sekarang saya pakai microwave,” ujar Azizy.

Azizy menambahkan, selain dengan penggunaan microwave, pemilihan bahan yang baik juga menentukan perkembangan kutu. Lanjut Azizy, sebaiknya pilihlah bahan atau daun herbal yang akan dijadikan teh dengan tekstur yang mulus tanpa bercak putih. 

“Untuk membuat teh sirih merah itu rasionya 9 banding 1. Dari 9 kilogram bahan, setelah diolah hanya menghasilkan 1 kilogram teh,” tutup Azizy.

Herbalis: Air Perasan Lemon dan Jeruk Nipis Efektif Luruhkan Batu Ginjal

Halaman: