logo


Serunya Gabung Komunitas Lele Sangkuriang

Jika anda serius silahkan langsung ke Jalan Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Bogor

24 Oktober 2014 13:42 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jangan remehkan bisnis budidaya ikan lele, meski terlihat remehan namun keuntungan yang didapatkan jika anda berhasil melakukan budidaya ikan lele dengan benar, anda akan meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah per harinya. Sungguh fantastis bukan ?

Bayangkan, tiap harinya masyarakat di wilayah Jobodetabek membutuhkan ikan lele segar untuk di konsumsi sekitar 150 ton ikan lele. Jumlah sebesar itu belum dapat terpenuhi oleh seluruh petani lele di wilayah Jabodetabok karena masih terkendala cuaca yang kerap tak menentu.

Jika anda serius menggarap ikan berkumis ini, silahkan datang langsung ke Jalan Cikopo Selatan Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Disana anda dapat belajar bagaimana cara jitu beternak ikan lele yang baik.


Gak Punya Kebun buat Salurkan Hobi? Yuk Gabung Komunitas Ini...

Sesampainya disana, jangan heran jika lokasi pembudidayaan lele terlihat ramai, pasalnya tiap harinya berduyun-duyun masyarakat baik dari kalangan mahasiswa hingga wartawan yang mulai belajar menjadi pengusaha budidaya ikan lele. Disana, para petani ikan lele membuat komunitas peternak lele sangkuriang, komunitas itu akan siap membantu anda dan membagi ilmu bagaimana cara budidaya ikan lele yang baik.

Berawal dari tahun 2000, banyaknya petani lele yang mulai gulung tikar karena lelenya mati akibat dari penyakit hingga kesalahan pembenihan, akhirnya pengusaha lele membentuk komunitas yang bertujuan memberikan pelatihan bagaimana budidaya lele yang sesuai dengan iklim bogor.

Komunitas ini memilih ikan lele sangkuriang sebagai budidaya utamanya, selain karena lele sangkuriang cocok dibudidayakan di cuaca bogor, lele sangkuriang juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat, sehingga tidak mudah mati.

Seperti dikutip Jitunews.com, Ikan lele sangkuriang diambil dari istilah sunda. Lele sangkuriang lahir dari perkawinan dumbo tua dengan dumbo muda. Proses penetasan telor lele ini berlangsung satu hari dan bisa menghasilkan 20 ribu benih ikan. Sedangkan Untuk pembesarannya sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sebenarnya Lele Sangkuriang merupakan Strain baru Lele Dumbo yang kehadirannya merupakan upaya memperbaiki produktivitas Lele Dumbo yang dirasakan mengalami penurunan. Lele Sangkuriang merupakan strain baru dari Lele Dumbo. Pengembangan Lele Sangkuriang didasarkan oleh penurunan kualitas Lele Dumbo karena tidak disertai dengan penanganan Induk yang baik di dalam budi dayanya.

Secara umum, Lele meruoakan satu jenis ikan yang mampu hidup di air yang kandungan oksigennya tipis, bahkan ikan yang terkenal karena memiliki kemampuan mematil juga dapat hidup di comberan, tempat limbah rumah tangga (MCK) dan rawa-rawa yang sudah hampir kering asalkan tempat itu memiliki kandungan air yang cukup, lendir di tubuh ikan Lele masih terjaga baik.

Yuk Intip Serunya Kegiatan Penggemar Si Kumis...

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, Vicky Anggriawan