logo


Mengenal Lebih Jauh Si Lidah Mertua : Penyerap Polusi Paling Tinggi

Berguna juga untuk menyerap radiasi alat elektronik

24 Oktober 2014 13:20 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM - Pencemaran udara, bukanlah hal baru bagi masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat kota, umumnya pergi ke pedesaan untuk memperoleh kesejukan udara. Namun bagaimana kualitas udara dalam ruangan ? Ruangan rumah, sekolah, ataupun kantor ternyata belum tentu aman dari polusi. Bila di luar ruangan ada asap kendaraan bermotor, pabrik dan gunungan sampah, di dalam ruangan polusi udara disebabkan oleh asap rokok, pembakaran peralatan rumah tangga, hingga radiasi dari berbagai peralatan elektronik. Tiap polutan tersebut tentunya menimbulkan resiko bagi kesehatan manusia.

Untuk mengatasi polusi udara di dalam ruangan, penggunaan tanaman hias menjadi salah satu solusinya. Selain bermanfaat untuk mempercantik ruangan, tanaman hias juga berfungsi sebagai penyaring polutan. Dan salah satu tanaman hias yang dapat menyerap polutan paling tinggi adalah Sansevieria atau yang biasa disebut Lidah Mertua. Kerap disebut sebagai Lidah Mertua karena memiliki tekstur yang  keras dan tajam bak lidah mertua. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Sanseviera mengandung bahan aktif pregnan glikosid yang berfungsi mengurai polutan menjadi asam organik, gula, dan asam amino. Dengan demikian, polutan tersebut tak lagi berbahaya bagi manusia. Selain itu, diketahui pula bahwa, Lidah Mertua juga mampu menyerap radiasi dari berbagai peralatan elektronika yang ada di dalam ruangan. Walhasil, radiasi yang berasal dari alat elektronik tidak lagi berbahaya bagi kesehatan penghuni ruangan.


Vertical Garden, Tren Baru Penghijauan Di Lahan Sempit

Bahkan di Jepang, Sanseviera diletakkan ke dalam ruangan untuk menghilangkan berbagai macam bau perabotan rumah di ruangan. Hal tersebut dikarenakan Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. tidak hanya itu, keistimewaan yang tak kalah hebatnya dari tanaman ini adalah mampu mengeluarkan oksigen selama 24 jam penuh. Sehingga menjadi satu-satunya flora yang aman berada di dalam ruangan, seperti ruang tidur.

7 Bunga Paling Populer

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah