logo


6 Cara Menyapih ASI untuk Anak di Atas 2 Tahun

Untuk mengalihkan perhatiannya dari ASI, Ibu dapat memberikan anak makanan semi padat secara teratur

29 Maret 2016 17:25 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setiap orangtua pasti mengetahui apabila air susu ibu (ASI) ekslusif haruslah jadi prioritas ibu hingga anak berusia dua tahun. Tapi permasalahan baru akan muncul jika setelah usia dua tahun, anak belum bisa meninggalkan ASI. Tentunya hal ini akan menimbulkan dilema bagi sang ibu.

Tapi tenang, berikut ini ada beberapa tips yang dilansir dari situs matawanita dan bisa segera Anda terapkan untuk menyikapi persoalan tersebut.

1. Mengoleskan daun kubis pada payudara


Happy Wonderland, Acara Seru untuk Ortu dan Anak Persembahan Nestle Lactogrow

Tempatkan daun mentah pada payudara Anda dan di dalam bra. Daun ini akan meredam ASI dan membuat si kecil tidak menyukainya. Ketika pasokan susu turun, Anda bisa memberikan si kecil makanan.

2. Berikan makanan semi padat

Untuk mengalihkan perhatiannya dari ASI, Ibu dapat memberikan anak makanan semi padat secara teratur. Bayi mungkin masih perlu ASI, namun perlahan-lahan dia akan beralih dengan sendirinya.

3. Menggunakan gelas

Ketimbang menggunakan botol susu, melatih anak minum menggunakan gelas adalah pilihan yang tepat. Tak usah terlalu takut anak tersedak, kunci dari metode ini adalah mengajari anak untuk menggunakan sendok perlahan-lahan hingga dia bisa minum sendiri.

4. Pentingnya bersabar

Setiap balita memiliki respon dan reaksi yang berbeda, sehingga dalam menyapih anak Anda dari menyusui, jangan mengharapkan proses yang instan.

5. Mengistirahatkan puting

Cara mengistirahatkan puting adalah dengan tidur telentang pada malam hari sehingga tidak ada tekanan pada payudara. Hal ini juga akan membantu mengurangi produksi susu dan membantu anak menyapih ASI.

6. Perkecil intensitas hubungan seksual

Tujuan melakukan hal ini adalah untuk mengurangi produksi susu secara alami karena mengurangi intensitas hubungan seksual selama beberapa hari saja terbukti ampuh mengurangi produksi ASI.

Sejumlah Desainer IMFD Pamer Karya di Ajang Asia Islamic Fashion Week 2017

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah