logo


Tips Menanam dan Merawat Rumput Taman

Dengan cara menanam rumput taman dengan tepat dan benar akan membuat rumput Anda subur dan menarik

24 Oktober 2014 11:00 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM-Taman rumah akan terasa indah bila di tanami rumput-rumput yang berkualitas seperti rumput gajah maupun rumput jepang. Dengan cara menanam rumput taman dengan tepat dan benar akan membuat rumput Anda subur dan menarik. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menanam dan merawat rumput Anda:

  1. Gantilah tanah Anda sedalam 20 cm dengan tanah subur, apabila tanah Anda berupa tanah urugan material atau tanah keras.
  2. Tanah subur digemburkan menggunakan garpu atau sekop kecil sehingga tanah menjadi terpisah-pisah dan tidak keras.
  3. Sebarkan pupuk organik di atas tanah yang sudah digemburkan tadi dan diamkan selama 1-2 hari sebelum ditanam, agar efek panas pupuk sudah hilang.
  4. Buatlah lubang-lubang kecil untuk meletakkan rumput yang sebelumnya sudah dibelah, apabila Anda ingin dalam waktu 1 bulan seluruh tanam anda bisa tertutup dengan    rapat, maka jarak antar rumput kira-kira seukuran jari anda.
  5. Sebaiknya rumput ditanam pada sore hari sehingga akan mengurangi penguapan yang ditimbulkan oleh panas matahari, sehingga rumput tidak menjadi kering.
  6. Setelah semua rumput tertanam sebarkan pasir untuk membuat permukaan rumput menjadi rata.
  7. Lakukan penyiraman di awal penanaman tiga kali dalam satu hari, pagi hari sebelum jam 7 pagi, kemudian tengah hari dan sore hari setelah jam 3 sore.
  8. Rumput harus terpapar sinar matahari secara langsung karena penting untuk proses fotosintesa, rumput yang terlindung dari sinar pertumbuhannya menjadi terhambat.
  9. Musuh pertumbuhan rumput adalah rumput liar atau tanaman kecil yang menjadi gulma tanaman rumput, gulma ini harus secara rutin dicabuti karena akan merebut makanan rumput sehingga pertumbuhan menjadi terganggu.

 

Langkah Jitu Menanam Tanaman Hias Anggrek dalam Pot

Halaman: 
Penulis : Hasballah