logo


Pemerintah Bakal Simpan Cadangan BBM di Kilang Luar Negeri

'Jadi jalan keluarnya waktu kita beli sementara kita titipkan di penjual, sama seperti pembeli yang lain'

28 Maret 2016 15:35 WIB

Ilustrasi, kilang minyak. (net)
Ilustrasi, kilang minyak. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, Pemerintah akan memupuk Bahan Bakar Minyak (BBM) di kilang-kilang yang berada di luar negeri.

Hal tersebut dilakukan lantaran Indonesia masih sangat terbatas dalam hal kepemilikan kilang minyak. "Jadi jalan keluarnya waktu kita beli sementara kita titipkan di penjual, sama seperti pembeli yang lain," ujar Sudirman di Gedung Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK), Jakarta, Senin (28/3).

Meski Indonesia memiliki banyak uang untuk investasi, namun tidak ada pilihan lain bagi pemerintah jika setelah membeli minyak dalam jumlah banyak lalu langsung ditaruh di kilang yang berada di Indonesia.


Dukung Kualitas Udara yang Baik, Pertamina Perluas Program Pertalite Harga Khusus

"Kita harus memupuk cadangan dan kalau belinya sekarang. Kalau punya uang nih sekarang kita tidak punya cukup sarana penyimpanan," ucapnya.

Mengenai negara yang akan menjadi lokasi pemupukan BBM Indonesia, Sudirman mengatakan, pembahasannya belum sampai sejauh itu. Begitu juga dengan risiko yang akan didapatkan Pemerintah Indonesia jika melakukan hal tersebut.

"Itu masih jauh, jadi tidak usah dipikirkan. Bagaimana kita mau beli, jadi tidak usah," ungkapnya.

Pertamina Pastikan Pelayanan di Banten dan Jawa Barat Optimal Jelang Pilkada dan Libur Nataru

Halaman: 
Penulis : Rachmad Faisal Harahap, Deni Muhtarudin