logo


Tanaman Paling Beracun di Dunia

Inilah 5 jenis tanaman paling beracun

23 Oktober 2014 16:32 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA JITUNEWS.COM-Ini adalah daftar 5 tanaman yang paling beracun dan dianggap berbahaya di dunia. Tumbuhan memang tidak berpindah karena serangan predator sehingga mereka harus melindungi diri dari hewan herbivora dan serangga dengan memproduksi senyawa kimia atau racun dalam bunga, daun, batang dan akarnya. Walaupun tidak semuanya bisa menyebabkan kematian pada manusia, namun jika dikonsumsi atau terjadi kontak secara berlebihan, dapat menimbulkan efek negatif dari gejala ringan sampai kematian. Berikut ini adalah daftarnya :  

1. Pohon Manchineel

Dikenal dengan nama lain, Hippomane mancinella merupakan spesies tanaman dari famili Euphorbiaceae dan banyak ditemukan di kawasan pantai di Florida Amerika, Bahama, Karibia dan Amerika Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh sampai dengan 15 meter dimana buahnya mirip dengan apel dan daun hijau. Tanaman ini mengandung racun yang cukup kuat terutama pada getahnya yang berwarna putih susu menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit. Asap hasil pembakaran pohon ini dapat menyebabkan kebutaan. Buah dari pohon Manchineel ternyata juga berbahaya jika dikonsumsi karena mengandung zat Physostigmine yang bisa menyebabkan sakit kepala, sakit perut, mual dan keringat berlebihan.


Tips Merawat Katsuba, 'Si Merah Pembawa Hoki'

2. Tanaman Datura stramonium

Dikenal dengan nama Datura stramonium, tanaman ini merupakan asli Amerika yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi gejala asma dan analgesic untuk bedah. Namun semua bagian tanamanin mengandung zat alkaloid tropana, atropine, hyoscyamine dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat halusinogen, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan efek psikologi berlebihan dan overdosis. Jumlah kadar racunnya bervariasi sesuai usia, pertumbuhan dan iklim sekitar tanaman ini.

3. Tanaman Aconitum

Disebut dengan nama aconite atau ratu racun, tanaman herbal ini banyak ditemukan di daerah pegunungan di belahan bumi utara. Racun dari tanamanan ini sering diekstrak untuk membunuh serigala. Bentuk daun hijaunya menjari yang terbagi diantara 5 sampai 7 bagian dimana masing-masing bagian terdiri dari 3 bagian yang berduri. Akar tanaman ini sangat beracun karena mengandung Pseudaconitine dimana dalam dosis tinggi (20 sampai 40 ml) bisa menyebabkan kematian pada manusia dengan gejala awal keracunan berupa sesak napas, sakit kepala dan berkeringat.

4. Tanaman White Snakeroot

Dikenal dengan nama Ageratina altissima, tanaman ini merupakan asli dari Amerika Utara bagian timur yang tumbuh di padang rumput mencapai ketinggian 1,5 meter dengan bunga berwarna putih dan biji kecil yang diterbangkan angin. Tanaman ini mengandung racun tremetor jika dikonsumsi oleh sapi bisa berbahaya bagi manusia untuk mengkonsumsi susu dan daging sapi. Ciri atau gejala keracunan dapat berupa sesak napas, pusing, mual dan sakit kepala.

5. Tanaman English Yew

Dikenal dengan nama Taxus baccata, tanaman ini dapat ditemukan di kawasan Eropa, Afrika Barat Laut, Iran Utara dan Asia Barat Daya yang dapat tumbuh dari 10 sampai 20 meter dengan usia mencapai 400 sampai 600 tahun. Semua bagian dari tanaman ini beracun kecuali pada kulit bijinya dan banyak mengandung zat alkaloid taxine. Daunnya menjadi beracun ketika layu dan kering. Gejala keracunan tanaman ini berupa percepatan detak jantung, gangguan otot, pingsan, kesulitan bernapas dan serangan jantung. 

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Hasballah