logo


Waspada! Ini Pemicu Penyakit Epilepsi

Orang Dengan Epilepsi (ODE) perlu mendapatkan dukungan

23 Maret 2016 18:01 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Dijelaskan Ketua Yayasan Epilepsi Indonesia (YEI), Dr. Irawaty Hawari, SpS, Epilepsi merupakan salah satu penyakit neurologi menahun yang dapat terjadi pada semua orang tanpa batasan usia, jenis kelamin, ras, maupun status sosial-ekonomi.  

Adapun pemicu penyakit Epilepsi, kata Dr. Irawaty, disebabkan oleh kerusakan jaringan semisal tumor otak, cedera kepala, akibat gejala sisa dari suatu penyakit seperti infeksi otak (meningitis, encephalitis), gangguan pembuluh darah otak (stroke), cacat lahir, hingga kelainan genetika. 

"Sedangkan manifestasi serangan dapat berbeda-beda tergantung pada fungsi otak mana yang terganggu," terang Dr. Irawaty, kepada jitunews, Rabu (23/3), di Le Meridien, Jakarta Selatan.


Mengejutkan!!! Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Ternyata…

Oleh karena itu, menurut Dr. Irawaty, Orang Dengan Epilepsi (ODE) perlu mendapatkan dukungan sehingga mereka dapat menjalani hidup dengan sehat sehingga lebih produktif. 

"Dukungan itu bisa berasal dari keluarga dan orang-orang yang dicintai. ODE harus memahami dan menerima kondisi serta menjalani hidup dengan pikiran yang positif, sehingga mereka dapat mengenali potensi diri dan mencapai target," tambah Dr. Irawaty.

Pada suatu serangan epilepsi, terjadi aktifitas atau cetusan listrik abnormal di otak, dengan bentuk manifestasi berupa serangan-serangan kejang atau bentuk lain seperti perubahan tingkah laku, perubahan kesadaran dan perubahan-perubahan lain yang hilang timbul, baik yang terasa atau terlihat. 

Bagi ODE, hambatan yang ditakutkan adalah bila terjadi bangkitan Epilepsi mendadak dan berisiko menimbulkan cedera fisik. Oleh karena itu, pihak keluarga harus memperhatikan hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya bangkitan. 

"Penderita bisa meminum obat secara teratur, tidur atau istirahat yang cukup, makan teratur, hindari kelelahan atau aktifitas yang berlebihan, hindari stress psikologis, dan untuk jenis epilepsi tertentu, hindari menonton televisi atau berada di depan komputer yang menyala dalam waktu lama," tukas Dr. Irawaty.

Mengejutkan! Makanan Ini Enggak Punya Tanggal Kadaluarsa Loh

Halaman: 
Penulis : Suciati, Christophorus Aji Saputro