•  

logo


Manfaat dan khasiat pada tanaman jahe

jahe adalah tanaman rempah yang memiliki khasiat untuk pengobatan tradisional

23 Oktober 2014 14:13 WIB

istimewa
istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kita seringkali dapat melihat bagaimana manfaat jahe. Jahe  atau bahasa latinnya zingiber officinale, selain sebagai rempah, jahe juga dapat berkhasiat sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit. Karena banyak sekali kandungan yang terdapat pada jahe yang sebenarnya.  Manfaat jahe yang dapat digunakan sebagai  penghangat tubuh, pada saat cuaca yang sedang dingin atau hujan, ini sangat cocok sekali dikonsumsi agar tubuh menjadi lebih hangat.

Manfaat dan khasiat jahe
Ini adalah banyak contoh khasiat pada jahe sebagai obatyang dapat menyembuhkan penyakit adalah:
-    Melancarkan peredaran darah  yaitu gingerol yang terdapat pada jahe yang bersifat antikoagulan yang dapat mencegah terjadinya pengumpulan darah, lalu dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab dari penyakit stroke dan juga serangan jantung
-    Perut kembung dapat diatasi dengan menggunakan  ekstrak jahe, dan jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi pada usus.
-    Mengobati migrain pada kepala, membuktikan bahwa jahe dapat menghentikan  prostaglandin, yang merupakan salah satu factor penyebab sakit kepala, dan begitu, khasiat jahe dapat mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.
-    Demam dan batuk yaitu gingerol pada jahe yang mampu melancarkan peredaran darah, kandungannya mampu mengurangi gejala demam dan batuk. Dengan mengkonsumsi jahe artinya dapat menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam obat kimia.
-    Mencegah perut buncit cukup dengan rutin mengkonsumsi jahe sebelum makan, jahe berkhasiat untuk melancarkan metabolism e pada pencernaan , yang mampu mempercepat pembakaran kalori dan dapat meratakan perut buncit.
-    Menurunkan tekanan darah  yaitu dengan menggunakan jahe yang mampu berkhasiat untuk merangsang pelepasan hormone adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah yang mengakibatkan darah mengalir lebih cepat dan lancer serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.
-    Menurunkan berat badan yaitu jahe dapat melebarkan pembuluh darah yang dapat membakar kalori menjadi panas tubuh dan jahe hanya mengandung sedikit kalori yang terkandung, sehingga sulit terjadinya kenaikan berat badan. Dan dengan mengkonsumsi wedang jahe setiap hari dapat menjaga kesehatan dan metabolism tubuh.
-    Mengobati sakit gigi, yaitu cukup dicegah dengan cara meminum jahe , karena jahe bersifat antijamur dan antibakteri.
-    Dapat mencegah siklus menstruasi yang tidak teraturbagi wanita, dan salah satu cara membuatnya adalah dengan member camouran gula merah pada jahe didalam teh. Dan ini benar-benar terbukti menggurangi rasa kram pada perut wanita disaat dating bulan.
-    Membuat obat perkasa, yaitu karena kandungan senyawa pada jahe  bersifat inklamasi, hal ini lebih efektif dalam membangun otot pada lengan . ini  membuktikan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.
-    Membantu sebagai obat jerawat pada kulit wajah, dengan mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram /hari, sebab jika konsumsi nya berlebihan, jahe dapat mengakibatkan efek samping seperti mules,iritasi dan diare.
-    Jahe sebagai obat mabuk disaat sedang dalam perjalanan, cukup dengan meminum minuman jahe, jahe dapat mengurangi rasa mual dan menyembuhkan jet lag.
-    Jahe bersifat anti alergi, dengan ekstrak biji anggur yang dapat bermanfaat untuk mengurangi demam dan masalah alergi pada tubuh.
-    Minuman Jahe dapat mengobati mornig sickness, akibat rasa mual, perut kembung, dan rasa ingin muntah pagi hari.
-    Mengangkal radikal bebas, kandungan antioksidan pada jahe yang dapat mengatasi efek merusak yang disebabkan karena radikal bebas pada tubuh.
-    Jahe mampu mengobati peradangan pada tenggorkan, kandungan senyawa yang dinamakan gingerol ini sangat bertanggung jawab sebagai aroma menyengat dan berkhasiat anti inflamasi.
-    Arthritis , yaitu dengan kandungan jahe yang mempunyai kandungan komponen yng dapaytmenghambat COX, dimana COX meripakan salah satu bahan kimia tubuh yang mencegah timbulnya peradangan. Obat resep penghambat COX ini biasanya memiliki efek samping yang sangat merugikan tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe selain tidak ada efek samping, ini mampu berkhasiat bagi yang mempunyai penyakit arthritis dan osteoarthritis.
-    Dapat membersihkan kotoran dalam tubuh, cukup dengan rutin mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, efeknya tubuh akan terasa berkeringat, dan dengan begitu mampu mengeluarkan berbagai jenis kotoran jahat pada tubuh.
-    Memerangi sel kanker, yaitu dengan kandungan pada jahe yang bermanfaat membantu mengurangi sel-sel kanker pada tubuh. Ini dibuktikan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat memerangi beragam jenis kanker ovarium dan kanker usus.
-    Menurunkan kolesterol, dan ini terbukti khasiat dari jahe yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam darah dan hati manusia. Kandungan gingerol pada jahe memiliki efek yang bersifa antikoagulam yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dan kandungan jahe juga dapat merangsang pelepasan hormone adrenalin yang dapat mempelancar peredaran drah
-    Jahe mampu mengobati luka yang terkena  pada gigitan ular,caranya dengan menumbuk rimpang dan beri sedikit garam, kemudian ditempel pada bekas luka gigitan ular yang beracun karena in hanya digunakan untuk pertolongan awal saja.
Jahe dapat meredakan rasa sakit kepala, caranya cukup dengan minum wedang jahe sebanyak tiga kali dalam sehari, atau bisa juga dengan wedang ronde, atau mengulum permen jahe, dan bisa juga menambahkan jahe pada banyak jenis makanan.
-    Jahe bermanfaat meredakan nyeri  pada punggung, sakit kepala dan meningkatkan pergerakan  persendian yang kaku, serta mampu mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid.
 

 

​Konsumsi Ubijalar Ungu BAB Lancar

Halaman: 
Penulis :