logo


Tips Menanam Pepaya California

Hanya butuh waktu 3 bulan untuk mencapai berat 2 kg

23 Oktober 2014 14:10 WIB

Istimewa
Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Buah pepaya adalah salah satu buah yang masih populer di Indonesia, terlebih lagi pepaya jenis California. Pepaya jenis ini memiliki buah yang lebat dan berbunga hanya dalam waktu 3 bulan saja. Selain masa panennya yang begitu cepat, buah pepaya California ini juga bisa mencapai bobot 2 kg lebih per buahnya.

Cara merawat tanaman ini memang terbilang gampang-gampang susah, kita hanya membutuhkan ketelitian dan ketelatenan saja. Untuk bisa membudidayakan tanaman pepaya California ini, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti di bawah ini.

Pertama-tama, buatlah lubang tanam berbentuk kubus dengan jari-jari 40 cm. Setelah itu, masukkan pupuk kandang yang terbuat dari kotoran binatang seperti kambing, sapi ataupun kerbau. Kemudian, tambahkan satu sendok semen adukan rabuk. Selain rabuk, masukkan juga pupuk jenis TS yang berwarna gelap berunsur Sulfur dan Fosfat.


Ladies, Yuk Coba Menanam Seledri di Rumah! Ini Tipsnya

Kita diamkan selama satu minggu pupuk yang sudah dicampur pupuk TS dan rabuk tersebut, setelah satu minggu barulah kita tanam bibit buah pepayanya. Proses pendiaman ini bertujuan untuk menguraikan campuran pupuk dengan tanah dan menghilangkan uap panas dari pupuk kandangnya. Kegunaan rabuknya sendiri yaitu untuk mempercepat proses penguraian tersebut.

Ketika umur tanaman pepaya California kita sudah 1 bulan, buatlah lingkaran di sekitar tanaman pepaya dengan diameter 150 cm. setelah itu, tabor puradan untuk menghilangkan hama seperti ulat, jamur dan lain-lain. Sebelum berkembangnya bunga-bunga putik sari, pastikan gulma yang berupa rumpur liar harus dibersihkan. Untuk membersihkan gulma tersebut, kita bisa menggunakan tangan kosong dengan mencabutnya atau menggunakan sabit. Pokoknya, buat steril area tanaman pepaya California kira-kira radius 1 meter supaya pohon pepaya bisa tumbuh dengan baik hingga memasuki masa panen pertama.

Setelah buah pepayanya muncul, semprot dengan larutan organik ataupun pestisida dengan kadar secukupnya. Penyemprotan buah ini bertujuan agar kondisi buah bebas dari hama yang dapat merusak kondisi buah.

 

Strategi Jitu Budidaya Tomat Organik

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana