logo


Alex Noerdin Minta Pemerintah Bangun Kilang Minyak di Sumsel

Namun, menurut Menteri ESDM, permintaan tersebut harus melalui kajian yang lebih mendalam terlebih dahulu.

21 Maret 2016 16:11 WIB

Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (Ist)
Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (Ist)

PRABUMULIH, JITUNEWS.COM - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin meminta, kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said untuk membangun kilang minyak skala besar di wilayah Sumatera Selatan.

"Jadi tolong bapak-bapak dukung. Beliau ini (Menteri ESDM) setuju kalau salah satu kilang minyak dibangun di Tanjung Api-Api. Saya perjuangkan ini biar orang-orang di Jakarta tahu kalau mau bangun kilang ya di Tanjung Api-Api," ujar Alex saat memberikan sambutan dalam acara Groundbreaking Jaringan Gas (Jargas) Kota di Lapangan Prabujaya, Prabumulih, Senin (21/3).

Sementara itu, Menteri ESDM mengungkapkan, pihaknya masih harus mempelajari kelayakan jika kilang harus dibangun di Sumatera Selatan sesuai permintaan Alex.


Lokasi Pembangunan Kilang di Jatim Masih Dikaji

"Jadi, yang disampaikan Pak Gubernur itu seperti nodong, tapi sebenarnya doa. Kita akan proses dengan baik dan penuh pertimbangan secara objektif. Semoga saja jadi lokasi terbaik karena bisa suplai ke atas dan ke bawah di Sumatera," pungkas Sudirman.

Saat ini, menurut Sudirman, baru ada 2 lokasi yang sudah dianggap paling cocok untuk dibangun kilang, yakni Tuban dan Balikpapan. Sementara untuk di Tanjung Api-Api, Sudirman menambahkan, masih perlu studi lebih jauh.

"Mungkin layak jadi lokasi kilang. Memang Pak Gubernur ini sudah kaya salesman. Kita harus lihat dulu kedalaman air untuk didarati kapal-kapal besar dan investornya," tutupnya.

Pokja IV Tanggapi Polemik Izin Operasi Kereta Pengangkut Batu Bara di Sumsel

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin