logo


8 Tanaman Hias Paling Diminati

tak hanya cantik, tapi juga gampang dirawat

23 Oktober 2014 13:16 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman hias tidak hanya dinikmati dari bunganya saja melainkan dari jenis daunnya pun juga bisa memiliki keindahan. Beberapa daun yang memiliki keindahan tersebut lantas banyak dikoleksi oleh para penggemar tanaman tersebut. Apa sajakah jenis tanaman itu? Berikut penjelasannya …

Tanaman Anthurium

Jenis tanaman ini adalah yang sangat popular, tanaman ini memiliki kelebihan pada bagian daunnya. Tampilan daunnya yang indah dan bervariasi membuat tanaman jenis ini banyak sekali peminatnya. Bunga dari tanaman ini biasanya berwarna merah dan mengkilap, daunnya yang hijau tua memberikan kesan keramahan bunga ini cukup tahan lama. Anthurium memiliki filosofi yang mewakili keindahan, keberuntungan, perlindungan dan melawan kejahatan. Karena itu, tanaman ini tidak salah bila diberikan label tanaman hias yang popular dengan harga yang cukup mahal.


Beberapa Jenis Tanaman Hias Yang Cantik Namun Minim Perawatan

Tanaman Aglaonema

Tanaman yang dikenal juga dengan nama Sri Rejeki ini biasanya memiliki masa tren selama 2 tahun, meskipun demikian tanaman ini masih saja banyak yang meminati, terlebih lagi jika ada petani yang berhasil mengawinkan silang dan mendapatkan varian baru dengan corak daun yang beragam. Tanaman ini memiliki spesies seperti Red Silver, Chocin, Miss Thailand, Param Ruay, Pink Panther, Pride of Sumatera, Donna Carmen dan Lady Valentine. Untuk Pink Panther merupakan spesies yang harganya paling mahal, sedangkan untuk Pride of Sumatera, Donna Carmen dan Lady Valentine masih bisa terjangkau oleh kalangan menengah kebawah.

Tanaman Philodendron

Tanaman ini dipercaya orang akan menggeser dominasi dari Anthurium dan Aglaonema, hal tersebut disebabkan karena tanaman hias ini memiliki batang yang unik dan jenis bunganya yang cukup banyak. Dari banyaknya spesies dari tanamanini, spesies Cardinal Black lah yang merupakan jenis yang paling banyak digemari. Harga dari tanaman ini pun lebih murah ketimbang Anthurium dan Aglaonema, sehingga tanaman ini bisa dijadikan alternative yang bisa anda gunakan untuk menghiasi rumah anda.

Tanaman Sansevieria

Tanaman ini memiliki bentuk yang indah dan akar yang kuat, bahkan dapat mencegah erosi. Dengan bentuknya yang unik, yaitu terdapat lekukan pada bagian daunnya membuat harganya cukup tinggi. Semakin unik bentuknya, maka akan semakin mahal harganya di pasaran. Selain bentuknya yang unik, tanaman ini juga bisa menyerap racun dari udara. Tanaman ini mampu membersihkan, menyerap dan menetralisir polutan di udara.

Tanaman Puring

Tanaman yang biasa disebut dengan nama Kroton ini banyak ditemui di pekarangan-pekarangan rumah. Puring memiliki warna daun yang bervariatif, diantaranya warna merah, ungu, hijau, kuning dan jingga dengan bentuknya oval dan bergelombang. Jenis yang paling banyak dicari adalah Red Aple, Logam, Oscar, Puring Anting Raja, Puring Arjuna, Puring Asmara Jingga dan jenis Kuring Kura.

Tanaman Nepenthes

Di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama Kantong Semar. Tanaman yang termasuk familia monotipik ini memiliki banyak sekali jenis, ada sekitar 200 jenis tanaman Nepenthes.Tanaman yang bisa kita temukan di pulau Kalimantan ini memiliki bentuk yang unik yaitu memiliki kantong yang dapat menangkap serangga, habitatnya tumbuhnya adalah disekitar gunung, namun saat ini sudah banyak dipelihara di perumahan-perumahan mewah.

Tanaman Kadaka

Tanaman ini adalah tanaman khas dari Indonesia, tanaman yang memiliki daun tebal ini dapat kita temukan di hutan-hutan Indonesia. Jenis dari tanamanini yang laris adalah Kadaka Keriting, Kadaka Osaka dan Kadaka Ular. Tanaman ini merupakan jenis pakis dan sering disebut sebagai pakis sarang burung, daun dari tanaman ini bisa mencapai 25-35 cm dan berbentuk seperti bulu ayam besar dan halus. Semakin besar dan halus daunnya, maka harga dari tanaman ini akan semakin mahal.

Tanaman Palem

Banyak orang yang menyukai tanaman ini karena dapat mempercantik taman. Selain dapat mempercantik taman, perawatan dari tanaman ini juga sangat mudah dan tidak merepotkan. Variasi dari tanaman palem sangatlah beragam, mulai dari palem yang data ditanam dalam pot, sampai palem yang bisa tumbuh besar. Jenis-jenisnya adalah Palem Merah (Cyrtostachys Renda), merupakan jenis palem yang cantik terutama pada keunikan yang terdapat pada pelepah. Palem Ekor Tupai, palem jenis ini memiliki keunikan seperti ekor tupai yang cantik. Palem Botol (Hyophorbe Lagenicaulis), palem jenis ini biasa ditanam di pekarangan-pekarangan rumah sebagai tanaman hias daun. Palem Putri mirip seperti palem raja, namun palem jenis ini lebih kecil sehingga tampak cantik bagaikan seorang putri raja. Palem Raja, yang merupakan tanaman asli dari daerah Karibia dan Amerika. Palem Kuning, palem jenis ini banyak dipelihara oleh masyarakat dan biasanya ditanam didalam sebuah pot serta jenis ini merupakan jenis palem yang berasal dari daerah Madagaskar.

7 Tips Sukses Berkebun Bunga bagi Pemula

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana