logo


Kapasitas Produksi Telur Asin Kampung Bebek Capai 80 Ribu Butir Per Hari

Selain mengunggulkan telur asin, Kampung Bebek juga menyediakan bebek potong untuk pengelola warung makan

18 Maret 2016 15:03 WIB

Telur asin. (net)
Telur asin. (net)

SIDOARJO, JITUNEWS.COM -  Kampung Bebek yang terletak di Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, semakin menggeliat seiring makin terkenalnya telur asin asal Kampung Bebek yang bercitarasa lezat. 

Menurut Sulaiman, pengurus Kelompok Tani Sumber Pangan, telur asin tersebut berasal dari populasi bebek di Desanya yang kini mencapai 50 ribu s/d 100 ribu ekor.

“Dengan populasi segitu banyak, bebek yang dipelihara para peternak mampu memproduksi 40 ribu sampai 80 ribu butir telur per hari,” ujar Sulaiman.


Pemkab Sidoarjo Canangkan Kampung Bebek Jadi Desa Wisata

Sulaiman mengatakan, selain mengunggulkan telur asin, Kampung Bebek juga menyediakan bebek potong untuk pengelola warung makan di Sidoarjo dan Surabaya. 

Menyoal rantai pemasarannya sendiri sudah tidak lagi dipusingkan Sulaiman, sebab setiap harinya telur bebek selalu diambil pedagang untuk dijual ke pasar tradisional dan modern di Jawa Timur.

“Selain masuk pasar, telur bebek juga masuk ke perusahaan atau pabrik produksi telur asin yang menyuplai ke ritel modern di banyak kota di Tanah Air,” kata Sulaiman.

Selain dilepas ke pasar secara langsung, Sulaiman bersama kelompok taninya juga mengolah telur asin secara mandiri dan dipasarkan dilingkup Kampung Bebek dengan sasaran konsumen pengunjung atau turis mancanegara yang menyambangi Kampung Bebek.

Sulaiman menjelaskan, semakin terkenalnya kualitas telur asin asal Kampung Bebek tidak terlepas dari peran Pemkab Sidoarjo melalui pelatihan wirsausaha. 

Pelatihan tersebut meliputi proses produksi telur asin, pengemasan, promosi hingga pemasaran. Bantuan modal juga diberikan dalam bentuk kredit bunga lunak dan kredit usaha rakyat oleh Bank Pembangunan Daerah Sidoarjo dan Bank umum nasional.

“Asalkan Pemkab mau turun tangan secara langsung mengurus, rakyatnya pasti bisa maju, ya seperti Kampung Bebek ini,” pungkas Sulaiman seraya tersenyum.

Perputaran Uang di Kampung Bebek Mencapai Ratusan Juta Per Hari

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana