logo


Pemkab Sidoarjo Canangkan Kampung Bebek Jadi Desa Wisata

Pengembangan desa wisata Kampung Bebek diharapkan bisa memberi nilai tambah kepada peternak dan membuka peluang usaha baru

18 Maret 2016 14:33 WIB

Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo. (Istimewa)
Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo. (Istimewa)

SIDOARJO, JITUNEWS.COM – Desa Kebonsari yang kini berstatus sebagai Kampung Bebek, berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Sidoarjo. Desa yang berada di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) ini sangat mudah di jangkau karena terakses oleh jalan tol Sidoarjo – Surabaya.

Letak Desa berpenduduk 5.600 jiwa ini persis dibelakang kantor Polsek Candi, gapura di pintu gerbang Desa menjadi penanda Kampung Bebek. Jalan beraspal siap mengantarkan setiap tamu yang ingin menyambangi rumah peternak.

Di Kampung Bebek, untuk mencari rumah peternak atau penjual telur asin cukup mudah karena selalu terpampang papan nama di depan rumah mereka.


Mendulang Untung dari Budidaya Ayam Hias, Tertarik?

“Begitulah kira-kira suasana Kampung Bebek, saya siap mengembangkannya menjadi Desa wisata. Potensinya besar karena kerap mendapat kunjungan dari luar daerah untuk studi banding,” Kata Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo.

Saiful menambahkan, kegiatan kunjungan wisata ke Kampung Bebek memang sudah dikelola, tetapi kurang maksimal. Kini, ia bersama pihak Desa kebonsari sedang menyiapkan tanah untuk membangun fasilitas umum seperti area parkir dan gerai penjual telur asin. 

Berdasarkan catatan yang dikantongi Saiful, pengunjung Kampung Bebek tidak hanya berasal dari Jawa Timur, tetapi dari luar Jatim bahkan dari luar negri seperti dari Jepang dan Thailand.

“Turis itu datang biasanya untuk melihat pemeliharaan bebek, pengambilan telur hingga melihat proses pembuatan telur asin,” ucap Saiful.

Pengembangan desa wisata Kampung Bebek diharapkan bisa memberi nilai tambah kepada peternak, membuka peluang usaha baru bagi warga dan lebih banyak menyerap tenaga kerja produktif. 

Lebih jauh lagi Saiful mengatakan, Desa wisata Kampung Bebek diharapkan mampu modal peternak menghadapi persaingan global.

Soal Penyebab Kematian Sapi di NTT, Ini Klarifikasi Dirjen PKH Kementan

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana